KEMAMPUAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Authors

  • Asep Sopyan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan self efficacy matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Dalam artikel ini penulis menggunakan metode kajian kepustakaan dengan menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang teliti.  Hal ini diupayakan untuk mendapatkan gambaran mengenai kontribusi penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam kemampuan self efficacy matematis siswa. Dimana Self efficacy matematis mempengaruhi bagaimana individu berpikir, merasa, memotivasi diri, dan bertindak dalam pembelajaran matematika. Sehingga dalam penulisan ini dipaparkan bagaimana capaian kemampuan self efficacy matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi Mirzaqon dan Budi Purwoko. (n.d.). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling expressive writing.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action : A social Cognitive Theory. Englewood Cliffs.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Ernawati, D. P. (2010). Pengaruh kompetensi, kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap kenyamanan pimpinan dalam melakukan penilaian kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan.

Imran Nursiddik, M. S. (Juli 2017). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keyakinan diri siswa smp. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, dan Yudhanegara, . (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama jl. Mengger Girang No. 98, Bandung 40254.

Muji Astuti, S. I. (n.d.). Hubungan antara persepsi terhadap pembelajaran kontekstual dengan minat belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Semarang.

Musmuliadi, A. A. (2018). Pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta.

Nurfitriyani, Y. (2017). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. 58.

Pujadi . (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa : Studi kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia, 40-51.

Rusmiati, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Fungsi terhadap Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi .

Saefudin, M. d. (2018). Pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta.

Sahendra, A. B. (2018). Students'Representation in Mathematical World Problem-Solving:Exploring Students'Self-efficacy. Journal of Physics : Conference Series, Ser. 947 012059.

Sampurna Tansil, A. A. (2009). Reflected Appraisals dan Mathematic AcademicSelf-Efficacy pada Siswa SMA. Anima, Indonesian Psychological Journal , 183-188.

Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self - Efficacy Siswa MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education , Vol. 3, No. 2, 2017, Hal. 92 – 10.

Tarhadi, Y. d. (2019). Dampak pelaksanaan model matematika realistis pada peningkatan kemampuan penalaran deduktif siswa sekolah menengah di parung kabupaten bogor. Jurnal Pendidikan.

Utari Sumarmo, E. e. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Widiyanto, A. (2013). Pengaruh self-efficacy dan motivasi berprestasi siswa terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SMKN 2 Depok.

Published

2019-12-12

How to Cite

Sopyan, A., & Marlina, R. (2019). KEMAMPUAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2598

Issue

Section

Artikel