Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPN 1 Lemahabang pada materi segitiga dan segiempat. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek yang diambil sebanyak 6 orang siswa, yaitu 2 orang siswa yang berkemampuan tinggi, 2 oarang siswa yang berkemampuan sedang, dan 2 orang siswa yang berkemampuan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 butir soal essay. Metode penyelesaian masalah seperti yang dikatakan Polya ada 4 langkah penyelesaian masalah, yaitu: 1) memahami masalah 2) mengembangkan rencana 3) melaksanakan rencana, dan 4) memeriksa kembali. Hasil tes yang dilakukan pada beberapa soal pemecahan masalah matemtik masih menunjukan rendah. Terlihat dari presentase keseluruhan yaitu 53% untuk indikator dalam memahami masalah, 38% untuk indikator mengembangkan rencana, 33% untuk indikator melaksanaka rencana, dan 20% untuk indikator memeriksa kembali. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa SMP masih rendah.
Downloads
References
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembeajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMAN 1 Indralaya Utara . Jurnal Elemen. , Vol. 3 No. 1n, hal 25-34.
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri Indralaya Utara. Jurnal Elemen, Vol. 3 No. 1, hal 25-34.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar . SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), Vol: 2 No. 2, July 2018, pp. 77-83.
Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No:2, 91-98.
Fitria, N. F., Hidayani, N., Hendriyana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. Edumatica, Volume 08 Nomor 01, April 2018. 49-57.
Herdiana, N., Amelia, R., Herdiana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, Volume 08 Nomor 01.
Juliana, Ekawati, D., & Basir, F. (t.thn.). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyeesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy, Volume 2 Nomor 1.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika . Bandung: Alfabeta.
Nurfauziah , & Zhanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat . Journal On Education , Vol 01 No.02, Februari, hal. 215-228.
Rohmawati, T., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di Tinjau Berdasarkn Gaya Kogntifnya. Jurnal Math Educator Nusantara , Vol. 5 No. 1, Mei 2019, pp. 80-89.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), November 2018, 137-144.