Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar

Authors

  • fatmah noer endah PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Indrie Noor Aini PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu faktor yang penting dimiliki siswa untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi Aljabar. Subyek penelitiannya ialah  siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Pamanukan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk menentukan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun pengkategorian tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu : tinggi,sedang,rendah. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa terdapat 6 orang siswa dengan presentase 21,43% yang berkategori tinggi, 12 orang siswa dengan presentase 42,86% yang berkategi sedang, dan 10 orang siswa dengan presentase 35,71% yang berkategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Kurniawati Kharisma Lusiana. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik

Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII.

Badawi Ahmad. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika pada Siswa

SMP Kelas VIII

Zulhewardi Tedu. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan

Masalah Aljabar Di Kelas VII SMP

Purwati Ratna . 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan

Masalah Aljabar.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. VA: The NCTM, Inc

Published

2019-12-12

How to Cite

endah, fatmah noer, & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2816

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>