Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu faktor yang penting dimiliki siswa untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi Aljabar. Subyek penelitiannya ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamanukan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk menentukan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun pengkategorian tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu : tinggi,sedang,rendah. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa terdapat 6 orang siswa dengan presentase 21,43% yang berkategori tinggi, 12 orang siswa dengan presentase 42,86% yang berkategi sedang, dan 10 orang siswa dengan presentase 35,71% yang berkategori rendah.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Kurniawati Kharisma Lusiana. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik
Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII.
Badawi Ahmad. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika pada Siswa
SMP Kelas VIII
Zulhewardi Tedu. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan
Masalah Aljabar Di Kelas VII SMP
Purwati Ratna . 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan
Masalah Aljabar.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. VA: The NCTM, Inc
Downloads
Published
2019-12-12
How to Cite
endah, fatmah noer, & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2816
Issue
Section
Artikel