Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Materi Lingkaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan representasi siswa pada materi Lingkaran. Namun rata rata permasalahan disekolah masih banyak siswa kemampuan representasi masih rendah dikarenakan siswa cenderung meniru cara guru dalam menyelesaikan masalah. Dalam hal ini penelitian yang digunakan untuk menganalisis sebuah kemampuan Representasi adalah pendekatan deskriptif Kualiitatif dengan teknik pengambilan sampel system random sampling. Dengan indicator Representasi sebagai berikut Representasi visual, persamaan atau ekpresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. Populasi yang digunakan merupakan Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat dengan total siswanya adalah 32 siswa. Dalam menentukan kemampuan representasi siswa diberikan 4 soal uraian sesuai dengan indicator representasi. Tingkat kemampuan Representasi Siswa VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat dikaterogikan Tinggi, Rendah, dan sedang. Hasil dari penelitian tersebut ada 16,67 % siswa dikategorikan Tinggi, 30 % siswa dikategorikan Sedang, dan 53.33 % siswa dikategorikan rendah. Hal ini menjukan bahwa kemampuan Representasi Siswa VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat dapat dikategorikan tingkat rendah.