Kemampuan Penyelesian Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan

Authors

  • Zahwa Khafidhatul Khusna Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penyelesaian masalah matematis merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap peserta didik. Sebab itu sangat penting buat memasukkan penyelesaian masalah serta tujuan pada pembelajaran matematis. Tetapi, saat belajar matematika, beberapa peserta didik merasa kesulitan buat memecahkan masalah sebab kemampuan penyelesaian masalah matematis yang rendah. Tujuan penelitian ini yakni buat menggambarkan kemampuan penyelesaian masalah matematis peserta didik kelas VIII dalam menuntaskan masalah matematis dengan materi pola bilangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik purposive sampling dipergunakan buat menentukan subjek. Kemudian, pada Penelitian ini, 8 peserta didik ditetapkan sebagai subjek Penelitian. Peserta didik yang ditetapkan sebagai subjek penelitian mengikuti tes penyelesaian masalah matematis serta ditanyai perihal hasil jawaban mereka. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dipergunakan yakni tes serta wawancara. Penelitian ini dikerjakan dengan mengkaji hasil respon peserta didik sesuai indikator kemampuan penyelesaian masalah sesuai tingkat polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah matematis peserta didik di indikator menuliskan informasi serta menuliskan konsep penyelesaian sebanyak 60,0% termasuk golongan sedang, kemudian di indikator menuntaskan permasalahan sebanyak 68,75% termasuk golongan tinggi, serta di indikator mempelajari kembali sebanyak 50,0% termasuk golongan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-10

How to Cite

Khusna, Z. K., & Imami, A. I. (2023). Kemampuan Penyelesian Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7630

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>