Analisis Self Efficacy Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Teratai Putih Global
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Teratai Putih Global. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Teratai Putih Global yang terdiri atas 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data ini yaitu dengan membagikan angket self efficacy yang berisikan tiga aspek konstruksi self efficacy (level, strength, dan generality) dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data angket self efficacy didapatkan hasil bahwa siswa SMP Teratai Putih Global telah memiliki self efficacy yang cukup baik pada pembelajaran matematika. Pada aspek level, siswa memiliki tingkat self efficacy yang sangat baik diliat dari persentase pernyataan positif yang lebih besar dibandingkan dengan persentase pernyataan negative, berdasarkan aspek strength, siswa memiliki tingkat self efficacy yang cukup baik, dan aspek generalitaty, siswa memiliki tingkat self efficacy yang cukup baik dapat dilihat dari persentasenya. Self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran dan prestasi akademik siswa.