Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Operasi Aljabar
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk meneliti dan menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi operasi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes uraian sebanyak 4 soal yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman matematis dengan materi pembagian, perkalian, penjumlahan, dan pengurangan operasi aljabar menggunakan soal cerita yang hasilnya dianalisis. Data yang sudah di olah berdasarkan nilai pengerjaan 36 siswa diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 5 orang siswa termasuk kedalam kategori tinggi dengan persentase 13,88%, 29 orang siswa termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 80,56% dan 2 orang siswa termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase 5,56%.