Analisis Self Confident Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Self confident (kepercayaan diri) adalah salah satu faktor penting dalam menyelesaikan soal- soal yang dirasa sulit pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengukur rasio dari rata-rata taraf self confident atau kepercayaan diri siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ialah 36 siswa kelas VIII-1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen non-test berupa angket yang terdapat 4 dimensi yang memuat sembilan indikator didalamnya dengan jumlah 33 butir. Hasil dari penelitian ini memperoleh persentase pada indikator pertama sebesar 70%, indikator kedua sebesar 59%, indikator ketiga sebesar 78%, indikator keempat sebesar 68%, indikator kelima sebesar 78%, indikator keenam sebesar 75%, indikator ketujuh sebesar 84%, indikator kedelapan sebesar 71%, indikator kesembilan sebesar 83%, dengan rata-rata keseluruhan indikator sebesar 74%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa taraf self confident siswa kelas VIII-1 dalam pembelajaran matematika sebagian besar sudah terlihat cukup baik.