Chemistry Adversity Quotient Terhadap Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya penyimpangan dari pengaruh adversity quotient pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMP. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Karawang Barat tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu model penelitian fenomenologi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil angket AQ dan hasil jawaban siswa pada soal bentuk aljabar. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) rata-rata skor angket adversity quotient yang berjumlah 10 pertanyaan adalah 75,6%, artinya rata-rata siswa di SMP ini tergolong tipe campers. (2) Pada hasil penyelesaian permasalahan bentuk aljabar berjumlah 5 butir soal rata-rata skor adalah 48, artinya jawaban siswa tidak berbanding lurus dengan angket yang sudah dijawab. Dapat disimpulkan bahwa adversity quotient mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar, ada yang berbanding lurus atau sebaliknya karena diakibatkan oleh beberapa faktor.
Kata kunci: Fenomenologi, Adversity Quotient, Bentuk Aljabar