Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Statistika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX dari salah satu SMPN di Cikarang Utara.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan
menggunakan soal cerita pada materi statistika sebanyak tiga soal. Wawancara dilakukan pada beberapa orang
siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang pengetahuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian
ini didasarkan pada langkah pemecahan masalah matematis menurut Polya, yaitu (1) Kemampuan siswa dalam
memahami masalah; (2) Kemampuan siswa dalam merencanakan penyelesaian; (3) Kemampuan siswa dalam
menyelesaikan masalah; (4) Kemampuan siswa dalam memeriksa kembali kebenaran dan solusi yang
digunakan. Pada langkah 1, 3 dan 4 siswa masih kurang dan melakukan kesalahan dalam menerapkan langkahlangkah pemecahan masalah matematis. Pada langkah 2 belum ada siswa yang menerapkan langkah ini. Jadi,
pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika siswa masih tergolong dalam
kategori rendah dan harus ditingkatkan.