Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar

Authors

  • Siti Nur Inayatu Sholihah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa SMP. Siswa sering mengalami kesulitan dalam mengisi soal bentuk aljabar. Kesulitan ini penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan berapa soal uraian dan wawancara, Pemilihan subjek penelitian ini melalui observasi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kedung Waringin Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  identifikasi kesalahan siswa  ditinjau  berdasarkan  tahapan  Polya. Mengidentifikasi kesalahan siswa untuk menghasilkan penelitian maka disesuaikan dengan indikator-indikator kesalahan menurut tahapan Polya dan untuk mendalami faktor penyebabnya dilakukan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa SMPN 1 Kedung Waringin Kabupaten Bekasi dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk  aljabar  menunjukkan  bahwa  persentase  kesalahan berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar yaitu menurut kategori sangat tinggi dengan presentase 16,39% yaitu dengan jumlah 2 siswa dengan nilai 55. Kategori tinggi dengan presentase 19,67% yaitu dengan jumlah 4 siswa dengan nilai diantara 40 dan 55. Kategori cukup tinggi dengan presentase 21,07% yaitu dengan jumlah 3 siswa dengan nilai diantara 25 dan 40. Kategori kecil dengan presentase 24,58% yaitu dengan jumlah 18 siswa dengan nilai diantara 10 dan 25. Kategori sangat kecil dengan presentase 73,75 yaitu dengan jumlah 4 siswa dengan nilai 10. Kesimpulannya masih banyak melakukan kesalahan karena banyak perkiraan serta sebab alasan siswa melakukan kesalahan, diantara perkiraan serta sebabnya ialah karena siswa belum atau tidak cukup paham materi pada operasi aljabar. Subyek melakukan kesalahan karna berbagai macam perkiraan serta sebab sehingga pada pengerjaan soal tes tersebut siswa melakukan kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-08-04

How to Cite

Sholihah, S. N. I., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7812

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2