Abilitas Metakognitif Siswa dalam Penyelesaian Masalah Cerita Tentang Baris dan Deret
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui abilitas metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah pada cerita tentang materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan indikator metakognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari abilitas metakognitif dalam menyelesaikan masalah pada soal cerita baris dan deret. Artikel ini dikaji dengan menganalisis secara deskriptif pada enam orang subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa SMPN 6 Karawang yang memiliki abilitas matematis di atas kriteria ketuntasan minimum paling tinggi. Instrumen yang digunakan untuk mengkaji abilitas metakognitif dalam hal penyelesaian perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal cerita berkaitan dengan keadaan yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hasil yang diperoleh, yaitu pada perencanaan masalah matematik telah dikuasi oleh keenam siswa dengan ketepatan dan kelengkapan yang berbeda-beda. Sedangkan pada pemantauan masalah telah dikuasai oleh kedua siswa dengan ketepatan dan kelengkapan yang berbeda. Sementara pada kesimpulan hanya dipenuhi oleh siswa S-1.