Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMA pada materi Trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain grounded theory. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA di Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2022/2023, masing-masing siswa mewakili kategori tingkat tinggi, menengah, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari 5 indikator melalui 5 butir soal yang diberikan secara uraian dan wawancara. Hasil analisis grounded theory diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa cukup baik, yaitu berada pada tingkat menengah. Siswa dengan kemampuan komunikasi tinggi memenuhi 4 dari 5 indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kemampuan komunikasi menengah memenuhi 3 dari 5 indikator kemampuan komunikasi matematis. Sedangkan siswa dengan kemampuan komunikasi rendah hanya memenuhi 2 dari 5 indikator kemampuan komunikasi matematis.