Disposisi Produktif dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Kelas IX
Abstrak
Disposisi produktif merupakan kecenderungan yang konsisten untuk menganggap matematika sebagai sesuatu yang masuk akal, bermanfaat, dan berharga yang dikombinasikan dengan keyakinan akan kerja keras dan kemampuan diri sendiri. Namun, beberapa siswa tertentu menunjukkan antusiasme yang rendah, mudah putus asa, kurang percaya diri, dan tidak menganggap belajar matematika itu menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki disposisi produktif pada siswa. Penelitian akan dikaji dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Karawang, dengan subjek penelitian sebanyak 41 siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup berjumlah 21 item pernyataan. Hasil penelitian diperoleh bahwa disposisi produktif siswa dalam pembelajaran matematika cukup baik, sekitar setengah dari subjek penelitian menunjukkan antusiasme, ketangguhan, kepercayaan diri, keingintahuan, kesediaan untuk berbagi, dan kesenangan terhadap matematika. Namun masih perlu adanya peningkatan yang berkelanjutan melalui penerapan model pembelajaran yang efektif, dan pengembangan bahan ajar serta media pembelajaran yang berkualitas.