Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kesadaran Metakognitif
Abstrak
Penelitian ini bertujuan dalam kesadaran metakognitif yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini melibatkan 32 siswa SMP Negri 6 Karawang Barat yang duduk di kelas IX pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan studi kasus. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan non tes wawancara. untuk instrumen tes tertulis yang terdiri dari tiga soal yang mencakup empat indikator berdasarkan polya: (1) memahami masalah, (2) membuat rencana penyelesaian, (3) menerapkan rencana penyelesaian, dan (4) memeriksa hasil tes untuk solusi tambahan. Analisis pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Karakteristik siswa dan jawaban terendah kemudian digunakan untuk menentukan metode analisis. Hasil menunjukkan bahwa beberapa siswa berada dalam kategori yang paling rendah atau yang tidak masuk ke dalam kriteria di 4 indikator.