ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMPN 2 KARAWANG BARAT
Pemahaman Konsep Matematis SPLDV
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIII G SMPN 2 Karawang Barat terdiri dari 26 orang dengan pengambilan 2 sample yaitu ST (siswa tinggi) dan SR (siswa rendah). Instrumen pada penelitian ini berbentuk soal yang terdiri dari 3 butir soal yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik analisis data yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa yang mempunyai kemampuan pemahaman konsep kategori tinggi, dan 3 siswa yang mempunyai kemampuan pemahaman konsep kategori rendah serta sisanya termasuk kategri sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Karawang Barat dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variable berada pada kategori sedang.