Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Penulis

  • suwarto universitas singaperbangsa karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan berpikir logis matematis adalah suatu ketrampilan yang mesti dikuasai oleh seseorang untuk mengambil kesimpulan berdasarkan pola atau aturan yang konsisten, dari menganalisa pola dan aturan tersebut seseorang dapat menarik kesimpulan yang valid dan dapat diandalkan. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa SMK Rosma Karawang kelas 10 TKJ tahun ajaran 2023/2024 pada materi bangun ruang sisi lengkung. Adapun indikator dalam berpikir logis matematis yang digunakan 1) keruntutan berpikir, 2) kemampuan berargumen, 3) menarik kesimpulan. Penelitian ini memakai jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi masing-masing kategori memuat satu siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwasannya kemampuan berpikir logis matematis siswa masih tergolong rendah masih banyak siswa yang masih bingung memakai rumus apa untuk menjawab soal, masih ada siswa yang belum mampu untuk menyimpulkan dari apa yang mereka kerjakan, masih ada siswa yang lupa terhadap rumus bangun ruang sisi lengkung. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis siswa  masih dalam kategori rendah hal ini dapat dilihat dari masih ada siswa yang belum memenuhui dari 3 indikator kemampuan berpikir logis matematis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir logis matematis terdapat 36% siswa yang termasuk kategori tinggi sebanyak 13 siswa, selain itu,  22% siswa atau sebanyak 6 siswa yang kategori sedang, dan yang terakhir menunjukan bahwa 42% siswa termasuk ke dalam kategori rendah yang berjumlah 15 siswa.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

suwarto, & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 305–314. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10406

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2