Analisis Kekeliruan Siswa dalam Memahami Kesebangunan dan Kekongruenan Dua Segitiga
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kekeliruan-kekeliruan yang terjadi pada siswa dalam memahami konsep segitiga dalam kesebangunan dan konsep segitiga dalam kekongruenan. Penelitian ini dikaji secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diambil sebanyak 16 siswa kelas X IPA 4 SMAN 2 TELUKJAMBE TIMUR. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 5 butir yang diadopsi dari buku matematika Sekolah Menengah Pertama kelas IX cetakan ke-2 edisi revisi yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2018 dengan kurikulum 2013. Untuk mendapatkan gambaran tersebut dilakukan teknis analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih keliru dalam memahami konsep segitiga dalam kesebangunan dan konsep segitiga dalam kekongruenan.