Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Lingkaran

Penulis

  • Lutfia Rizki Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indra Budiman

Abstrak

Rendahnya pemahaman serta kesulitan dalam menyelesaikan soal pada siswa salah satunya disebabkan oleh kurangnya kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diperoleh dari 32 siswa dari kelas VIII disalah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pemberian instrumen tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari 3 soal dengan indikator kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis dari subjek penelitian dalam menyelesaikan soal materi lingkaran adalah rendah. Hal tersebut dikarenakan hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematis adalah 52,381 berada
dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 76, dengan rincian terdapat 4 siswa yang memenuhi nilai KKM. Adapun berdasarkan kategorisasi siswa yang dikelompokkan menjadi 3 kategori yakni tinggi dengan Skor≥Mean+ 1 SD, kategori sedang M–1 SD≤ Skor< M+ 1 SD, dan kategori rendah dengan Skor< M–1 SD, diperoleh bahwa 15,625% siswa dalam kategori tinggi, 71,875% siswa dalam kategori sedang, dan 12,5% siswa lainnya berada dalam kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Rizki, L., & Budiman, I. (2024). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 368–379. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10820

Terbitan

Bagian

Artikel