PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di salah satu SMA di Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen (pendekatan realistic mathematics education) dan kelas kontrol (pembelajaran biasa) dengan jumlah siswa yang sama sebanyak 36 siswa. Tes yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data kuantitatif penelitian menggunakan SPSS 17 for windows untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T Independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.Unduhan
Referensi
Anisa, W.N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan[Online], Volume 1 (1). 10 halaman. Tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.PeningkatanKemampuanPemecahanMasalahDanKomunikasiMatematikMelaluiPembelajaranPendidikanMatematikaRealistikUntukSiswaSMPNegeriDiKabupatenGarut.[11 September 2017]
Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: FREUDENTIAL INSTITUTE
Hari, L.V, dkk. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) [Online], Volume 1 (3) Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/article. [11 Agustus 2018]
Mashudi. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. JPSD [Online], Volume 2 (1). 14 halaman.Tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.[11 September 2017]
Mawaddah, S & Hana A. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Volume 3 (2). 10 halaman. Tersedia:
http://ppip.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/644/551. [11 September 2017]
Rahayu, D.V & Ekasatya, A.A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Volume 5 (1). 9 halaman. Tersedia: http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id/data/edisi5/vol1/diar.pdf. [11 September 2017]
Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut [Online], Volume 8 (3). 11 halaman.Tersedia: http://jurnalmtk.stkipgarut.ac.id/data/edisi8/vol3/Tina.pd. [11 September 2017]
Umar, W. (2016). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Versi George Polya Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Volume 1 (1). 12 halaman. Tersedia:
http://docplayer.info/35774782-strategi-pemecahan-masalah-matematis-versi-george-polya-dan-penerapannya-dalam-pembelajaran-matematika.html. [08 Januari 2018]
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dalamPemecahan Masalah Matematika SiswaKelas X.7 SMA NEGERI 1 PULOKULON. Magistra [Online]. Tersedia: http://jurnal.unwidha.id [08 Januari 2018]