ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kritis sehingga berpengaruh dalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kajian pustaka, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber bacaan peneliti, baik skripsi, jurnal, buku, teori-teori serta penelitian lainnya yang berkaitan dengan analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dari beberapa referensi jurnal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, berdasarkan hasil kajian pustaka yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan dan harus dilatih lebih lanjut.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa sekolah Dasa Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35.
Dewey, J. (1909). How We Think. D.C: Health and Co.
Nisak, S. K., & Hadi, S. (2018). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Peluang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Semnasdikta) IAIN Tulungagung 2015, 208.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3, 155-158.
OECD. 2014. PISA 2012 Result : What Students Know And Can Do. OECD Publications. Vol 1, 5-61.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, l. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 2.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS.