PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Penulis

  • eva ramadhanti
  • rina marlina pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kemampuan pemahaman merupakan dasar kemampuan dari kemampuan matematis lainnya, sehingga penting untuk kemampuan pemahaman tercapai dengan maksimal. Salah satu pembelajaran yang dianggap dapat membuat kemampuan matematis lebih baik lagi adalah pembelajaran realistic mathematics education (RME). Pembelajaran RME merupakan pembelajaran yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari siswa sehingga pembelajaran lebih dekat dan konkrit. Oleh sebab itu pembelajaran RME dianggap menjadi pembelajaran yang sesuai bagi siswa. Penelitian kali ini menggunakan metode kajian pustaka atau riset kepustakaan untuk melihat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis siswa dan model pembelajaran RME. Metode kajian pustaka atau riset kepustakaan adalah telaah terhadap buku, teori-teori serta penelitian lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alan, F. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 71.

Asma, & Lubis, M. S. (2019). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTS. AXIOM, 10.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, D. R., Abdurrahman, M., & Nurbayan, Y. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, Z. A. (2018, Mei 29). Kemendikbud: Nilai Rata-rata UN SMP 2018 Alami Penurunan. Retrieved September Minggu, 2019, from DetikNews: https://news.detik.com/berita/d-4042222/kemendikbud-nilai-rata-rata-un-smp-2018-alami-penurunan

Ruseffendi, E. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Potensinya dalam Pengajaran Matematika untuk CBSA. Bandung: JICA.

Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawai Pers.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 79.

Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Representasi Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 10.

Tandililing, E. (2010). Implementasi Realisctic Mathematics Education (RME) di Sekolah. jurnal, 1.

Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Eduction (RME) Tehadap Pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 63.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

ramadhanti, eva, & marlina, rina. (2019). PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2539

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>