Analisis Motivasi dalam Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMP

Penulis

  • Sefiani Farda Yunisha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Parigi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMP Swasta di Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen non-tes yaitu berupa pemberian angket motivasi belajar matematika pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar matematika siswa secara keseluruhan dikategorikan tinggi yaitu dengan 71,99%. Sedangkan berdasarkan indikatornya, persentase hasrat untuk belajar dikategorikan tinggi dengan 70,97%, kebutuhan dalam belajar dikategorikan sedang dengan 64,58%, harapan cita-cita masa depan dikategorikan sedang dengan 68,06%, penghargaan dalam belajar dikategorikan tinggi dengan 80,56%, kegiatan menarik dalam belajar dikategorikan tinggi dengan 76,53%, dan lingkungan belajar yang kondusif dikategorikan tinggi dengan 71,25%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-19

Cara Mengutip

Yunisha, S. F., & Marlina, R. (2023). Analisis Motivasi dalam Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMP. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7682