ANALISIS HUBUNGAN CUSTOMER BEHAVIOUR DAN PERSEPSI PRODUK PELUMAS KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v9i18.10Abstract
Penelitian ini didasari oleh pendapat Kotler (1997 : 1252) Bahwa perilaku konsumen dipengaruhi oleh empat faktor utama, yakni faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Selanjutnya Husein Umar (1997 : 237) menjelaskan bahwa Customer Behaviour terdiri dari Dua bagian : a). Perilaku yang tampak, variabel-variabel yang termasuk dalam perilku ini adalah jumlah pembelian, waktu, karena siapa,dengan siapa dan bagaimana konsumen melakukan pembelian. b). Perilaku yang tampak, variabel-variabel antara lain adalah persepsi, ingatan terhadap informasi dan perasaan kepemilikan konsumen.
Adapun dari tujuan penelitian adalah sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis hubungan customer behaviour dan persepsi produk pelumas kendaraan bermotor roda dua. 2). Untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis perbedaan customer behavior dan persepsi produk pelumas kendaraan bermotor roda dua. Metode analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi dan analisis varians.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa b esarnya hubungan yang terjadi antara variabel Customer Behaviour dengan Persepsi Produk adalah sebesar -0,010. Mempunyai maksud hubungan antara lemah dan negatif (tidak searah). Korelasi dua variabel bersifat tidak signifikan karena angka signifikansi sebesar 0,871 > 0,05. Jika angka signifikansi (sig) > 0,05 maka hubungan kedua variabel tidak signifikan. Perbandingan t hitung dengan t tabel dk =n1 +n2 (272 + 272 =1n1 dk n2 dan taraf kesalahan 5% maka t tabel =1,960 (uji dua pihak dan interpolasi ) bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel (7,674 > 1,960) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara customer behaviour dengan persepsi produk pelumas kendaraan bermotor roda dua di kabupaten Karawang.
Downloads
References
Adi Nugroho, 2002. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Studia press. Jakarta
Basu Swastha, 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi ke-2, cetakan ke-8 Liberty. Jogjakarta
Basu Swastha., 2004. Azas-azas Marketing. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Bilson Simamora, 2002. Aura Merek 7 Langkah Membangun merek yang Kuat. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Djaslim Saladin., 1991. Unsur-unsur Inti Sari Pemasaran dan Manajemen pemasaran. Penerbit Mandar Maju, Bandung.
Fandy Tjiptono., 1997. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.
......................., 2005. Brand Management & Strategy. Andi. Jogjakarta
Freddy Rangkuti, 2004. The power of brands teknik mengelola brand Equity dan Strategi pengembangan merek plus Analisis Kasus dengan SPSS Cetakan kedua. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Hermawan Kerta Jaya, 2007. Seri 9 Elemen Marketing on Brand. Bandung : Mizan Pustaka
Husein Umar., 2005. Riset Pemasaran dan Customer Behaviour. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Jonathan Sarwono, 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Penerbit Andi Yogyakarta. Yogyakarta.
Paul Peter dan Jerry Olson, 1996. Consumer Behavior. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Philip Kotler dan Gary Armstrong, 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Jilid 1. Indeks, Jakarta
------------------, 2005. manajeman pemasaran. Edisi kesebelas, Jilid 2. Indeks, Jakarta
------------------, 2000. manajeman pemasaran. Edisi Milenium, Jilid 2. Indeks, Jakarta
Nugroho J Setiadi, 2005. Perilaku konsumen konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Cetakan Kedua. Prenada Media. Jakarta
Stanton William J.., 1996. Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Sugiyono., 2003. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. Alfabeta. Bandung
SPSS 17 Untuk Pengolahan Data Statistik, 2009. Wahana Komputer dan Penerbit Andi. Yogyakarta.