Pengaruh Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional pada Siswa MAN 3 Karawang

Authors

  • Tedi Purbangkara UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v2i1.1571

Abstract

Pengaruh Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional pada Siswa MAN 3 Karawang. Penelitian ini bertujuan  (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor education terhadap pembentukan kerdasan emosional siswa di MAN 3 Karawang (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran outdoor edocation terhadap pembentukan kecerdasan siswa di MAN 3 Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen,  eksperimen adalah suatu cara untuk mengungkapkan suatu  hubungan antara dua variable atau lebih dan juga untuk mencari pengaruh suatu variable terhadap variable lainnya.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 3 Karawang Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan,  penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan Di MAN 3 Karawang. Dengan mengambil satu kelas sebagai sempel penelitianya itu kelas XI 2 yang berjumlah 35 siswa, dari jumlah keseluruhan 10 kelas XI.Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini,  penyebaran angket dilakukan pada siswa yang mengikuti pembelajaran Penjas untuk mengetahui keterampilan social siswa sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah dilakukan pengisian angket, peneliti memberikan perlakuan berupa pembelajaran outdoor edocation di dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.Setelah diberikan perlakuan, selanjutnya peneliti melakukan post-tes t untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor edocation terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa. Penelitian diolah menggunakan rumus t-hitung dan dibandingkan dengan t-tabel. Hasil t-hitung 2,137 dan t-tabel 2.329 jadi pembelajaran outdoor edocation berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di MAN 3 Karawang.

Kata Kunci: Pembelajaran Outdoor Education, Pendidikan Jasmani, Kecerdasan Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tedi Purbangkara, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Dosen PJKR-FKIP-UNSIKA

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional pada Siswa MAN 3 Karawang. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(1). https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v2i1.1571

Issue

Section

Artikel