Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran Resiprokal pada Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli di SMPN 1 Tirtajaya
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3379Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang Persepsi Siswa terhadap model pembelajaran resiprokal pada pembelajaran servis bawah bola voli di SMPN 1 Tirtajaya. penelitian ini menggunakan pendekatak kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah sumberi informasi yaitu 5 orang siswa kelas yang bersekolah di SMP Negeri 1 Tirtajaya dan 1 orang guru. Dengan demikian jumlah subjek penelitian ini adalah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, analisis, dokumentasi. Dalampenelitian kualitatif tahap-tahap yang dilakukan meliputi : 1) Tahap orientasi untuk mendapatkan informasi tentang apa yang penting untuk dilakukan. 2) Tahap eksplorasi untuk menentukan sesuatu secara terfokus. 3) Tahap member check untuk mengecek temuan menurut prosedur dan memperoleh laporan akhir. Persepsi Siswa terhadap model pembelajaran resiprokal pada pembelajaran servis bawah bola voli di SMPN 1 Tirtajaya merupakan proses interaksi edukatif antara siswa dengan guru. Seperti masukan saran, masukan lingkungan/lapangan. Masukan saran meliputi keseluruhan sumber dan fasilitas yang memungkinkan bagi seseorang agar kelompok dapat mengikuti pembelajaran. Pedekatan yang digunakan adalah pendekatan partisipasif. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah ceramah, praktek, tanya jawab dan studi kasus dan materi yang diberikan adalah teknik servis bawah bola voli. Penliaian dilakukan saat proses pelaksanaan seperti yang menyangkut pemahaman materi, partisipasi kelas, kerjasama, perasaan siswa dan hubungannya dengan guru serta siswa.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Model pembelajaran resiprokal, servis bawah bola voli
Downloads
References
Arikunto Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Beutlestahl Dieter. (2012). Belajar Bermain Bola voli. Bandung : CV. Pionir Jaya
Gani Erizal. (2013). Komponen-komponen Karya tulis Ilmiah. Bandung : Pustaka Reka Cipta
Gustiawati, Resty. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Multi Kreasindo
Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2015). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). Husdarta H.J.S. (2010). Psikologi olahraga. Bandung : Alfabet
Gustiawati, R. (2017). Penerapan Materi Model Pembelajaran Permainan Kecil di dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas Vi SDN Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 50-58.
M.A. Harsuki. (2013). Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta : PT. Rajagrapindo Persada
Purwanto Ngalim. (2010). Psikologi pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rosdiani Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalesme Guru. Jakarta : PT. Rajagrapindo Persada
Sudjana Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sukardjo M. dan Komarudin Ukim. (2009). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Rajagrapindo Persada
Sutapa Panggung. (2004 : 4). Pengamatan Skill Motorik dan Fisik dalam Upaya Menjadikan Sosok Manusia Berkualitas. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Yustisia N. (2012). Hypno Teaching. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.