Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2219Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran senam lantai loncat kangkang di Sekolah MA Negeri 2 Karawang. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Karawang dengan mengambil seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Namun, yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa dari 5 kelas tersebut, yang masing-masing kelasnya diambil secara acak perkelas 8 0rang. Instrument yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai loncat kangkang pada siswa kelas X MA Negeri 2 Karawang adalah tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada katagori tinggi dengan 13 siswa atau 32,5%. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai loncat kangkang pada siswa MA Negeri 2 Karawang yang berkatagori sangat tinggi 4 siswa atau 10%, tinggi 13 siswa atau 32,5%, sedang 12 siswa atau 30%, rendah 8 siswa atau 20%, sangat rendah 3 atau 7,5%.Downloads
Download data is not yet available.
References
Agus Mahendra. (2000). Senam . Yogyakarta : FIK UN
Hidayat, Imam & Panggabean, P. (1985). Senam dan Metodik. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Iskandar. (2012).
Siti Nurjanah. (2012). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui
Permainan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nganggrung. Skripsi. Yogyakarta:
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
https://dosenpsikologi.com/pengertian-minat-menurut-para-ahli
Downloads
Published
2019-05-01
How to Cite
Nuryanto, A., & Resita, C. (2019). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2219
Issue
Section
Artikel