Hubungan Peran Orang Tua dengan Rasa Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani di SMPN 2 Telagasari

Authors

  • DEBI WAHYUDI Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Akhmad Dimyati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v4i02.5632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan rasa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran daring pendidikan jasmani di SMPN 2 Telagasari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tehnik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Telagasari sebanyak 190 siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket peran orang tua dan angket tanggung jawab siswa yang di berikan kepada 36 orang tua dan 36 siswa dengan teknik korelasi product moment dan regresi linear sederhanaa. Hasil yang dicapai dalam penelitian adalah adanya hubungan positif antara peran orang dengan rasa tanggung jawab siswa rxy 0,477, dan terdapat nilai Rsquare 0,277 atau 22,7% yang artinya peran orang tua mempengaruhi rasa tanggung jawab siswa sebesar 22,7%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara peran orang tua dengan rasa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran daring pendidikan jasmani di SMP 2 Telagasari.

Kata kunci: Peran orang tua, tanggung jawab siswa, pembelajaran daring, pendidikan jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Citra Resita, Universitas Singaperbangsa Karawang

PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Akhmad Dimyati, Universitas Singaperbangsa Karawang

PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Published

2022-02-28

How to Cite

WAHYUDI, D., Resita, C. ., & Dimyati, A. . (2022). Hubungan Peran Orang Tua dengan Rasa Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani di SMPN 2 Telagasari. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(02), 93–101. https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v4i02.5632

Most read articles by the same author(s)