PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN SERVICE PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWI KELAS X DI SMAN 1 TELAGASARI KAB KARAWANG

Authors

  • Akhmad Dimyati UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Dhika Bayu Mahardhika Unsika
  • Rekha Ratri Julianti unsika
  • dikdik fauzi dermawan unsika
  • rahmat iqbal unsika
  • rizky aminudin unsika
  • ruslan abdul gani unsika
  • irfan zinat achmad unsika
  • rhama nurwansyah sumarsono unsika

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnal%20speed.v3i1.3580

Abstract

Pada kasus yang peneliti temui pada saat melakukan observasi di SMAN 1 TELAGASARI,  peneliti menemukan permasalahan dimana kemampuan siswanya kurang baik setelah dilihat dari tes yang dilakukan oleh guru, dikarenakan pemahaman tentang materi pelajarannya kurang menangkap dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih menggunakan gaya  konvensional,dimana guru penjas hanya memberikan contoh satu kali tanpa ada pengulangan, jadinya peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan.

Gaya mengajar resiprokal merupakan gaya mengajar memberikan kepada siswa kebebasan pada siswa untuk membuat keputuasan yang lebih luas ketimbang metode tugas.selain membuat keputusan sehubungan dengan pelaksanaan tugas, siswa diberi kewajiban untuk menilai hasil belajar secara terbatas.

Permainan bulu tangkis atau disebut badminton adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua pemain atau dua pasang pemain yang saling berlawanan dalam suatu lapangan berbentuk persegi yang dibatasi oleh net / jaring yang terletak pada bagian tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama. Pemain menggunakan raket untuk melakukan serangan ke daerah lawan atau menangkis shuttlecock agar tidak jatuh kedaerah sendiri.

                 Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, desain ini merupakan eksperimen sungguh-sungguh jadi hasil eksperimen merupakan variabel devenden, Perhitungan dan uji signifikan peningkatan keterampilan yang dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi dua rata – rata satu pihak yaitu uji t. Dari hasil tersebut yang ada pada tabel 4.13 diperoleh bahwa hasil belajar kelompok eksperimen diperoleh thitung =3,75 > ttabel =1,684 pada taraf kepercayaan atau signifikan ? = 0,05 dengan dk (39.39). Dalam hal ini thitung berada pada daerah penolakan H0 , artinya H0 ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari kelompok sampel yaitu eksperimen tersebut terhadap keterampilan teknik service pendek pada permainan bulutangkis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Akhmad Dimyati, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

DOSEN DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG PENATA MUDA TK I

References

Abduljabar, B. & Sudrajat, J. (2010). Aplikasi Statistika dalam pendidikan jasmani. Bandung: FPOK UPI

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rinekacipta

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Imam Wicaksana, Faisal. (2015) Tingkat Keterampilan Service Pendek Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. file:///C:/Users/user%20pc/Downloads/Skripsi_Faisal%2520Imam%2520Wicaksana_11601241043.pdf. Diakses 10 maret 2015

Hudaya, dkk. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTS Kelas VII. Depok: PT. Arya Duta

Hermawan Aksan. (2013). Mahir Bulutangkis. Bandung : Nuansa Cedekia.

Hermawan Subarjah. (2010). Bulutangkis. Depdiknas : Jakarta

Juliantine, T. (2011). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI

Kharisma Alfiansyah.(2013). Taktik dan Teknik Permainan Bulutangkis. Diakses dari http://fadilkharisma.wordpress.com

Published

2020-05-30

How to Cite

Dimyati, A., Mahardhika, D. B., Julianti, R. R., dermawan, dikdik fauzi, iqbal, rahmat, aminudin, rizky, gani, ruslan abdul, achmad, irfan zinat, & sumarsono, rhama nurwansyah. (2020). PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN SERVICE PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWI KELAS X DI SMAN 1 TELAGASARI KAB KARAWANG. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 3(1), 31–38. https://doi.org/10.35706/jurnal speed.v3i1.3580