MODEL PEMBELAJARAN OLAHRAGA FUTSAL ANAK USIA DINI (LITERATURE REVIEW)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v4i01.5191Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuanatau penemuan baru. Kedua sebagai pembuktian atau pengujiantentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada dan yang ketiga, sebagai pengembangan pengetahuan suatu bidang keilmuanyang sudah ada. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan(library research). Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakanmenggunakan analisis isi jurnal. Literatur yang terkumpul dianalisis dengan tabel Critical Appraisal untuk menjawab tujuan dari pengukuran dan dibandingkan dengan hasil pengukuran sederhana.Terdapat 10 literatur yang membahas tentang model pembelajaranfutsal pada anak usia dini semua jurnal tersebut adalah jurnalnasional yang dilakukan pencarian diportal google scholar denganmengetik kata kunci “model pembelajaran futsal” yang kemudiandianalisis menggunakan analisis critical appraisal untukmenganalisis dari inti jurnal, hasil studi sehingga mengetahuipersamaan dan perbedaan dari jurnal-jurnal tersebut. Dari kesepuluhjurnal tersebut hanya dua jurnal tidak dilakukan pemeriksaanpermainan futsal secara langsung ada yang membahas motoric kasar, permainan modifikasi dan kemampuan. Beberapa hal penting yang didapat dari beberapa jurnal diantaranya identifikasi metodepembelajaran futsal anak usia dini dengan menjabarkan metodeyang efektif dari beberapa penelitian terkait secara runtut agat dapatdijadikan sebagai sebuah acuan pembelajaran olahraga futsal anakusia dini. Kemudian model pembelajaran Olahraga futsal pada anakusia dini dapat meningkatkan semangat dan mencegah kebosananpada anak usia dini, dan memberikan pengaruh yang positifterhadap kemampuan motorik kasar dan kognitif anak usia dini sertaproses pembelajaran lebih menyenangkan dan partisipatif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.