Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas dengan Penerapan Modifikasi Alat Bantu
DOI:
https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v4i02.5727Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode melatih menggunakan alat bantu botol dan alat bantu dayung tangan terhadap kecepatan renang gaya bebas.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two group pretest-posstest design”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi sekolah renang Akuatik Jakarta Timur yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam probability sampling dengan kriteria Sampel adalah (1) perenang kelas progressive, (2) Sampel masih bersekolah SD dan SMP, (3) Sampel yang digunakan harus terdaftar sebagai anggota Sekolah reang Akuatik Jakarta Timur, (4) Perenang sudah memulai latihan minimal 3 bulan terakhir dan (5) Bersedia mengikuti treatment sebanyak 16 kali. Analisis data menggunakan uji t test.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh latihan menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 3,053 > t tabel 2,131 dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 0,83. (2) ada pengaruh latihan tanpa menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 2,840> t tabel 2,131 dan nilai signifikansi 0,047 < 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 0,66. (3) metode melatih menggunakan alat bantu pelampung lebih efektif daripada tanpa menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 0,268 < t tabel 1,859 dan nilai signifikan 0,795 > 0,05, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 0,47.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.