Pengembangan Bahan Ajar Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1490Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras kelas VIII semester genap yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melipiuti tujuh langkah pokok, yaitu: analisis kebutuhan, kemampuan peneliti sebagai pengembang, produk yang dikembangkan, konsep produk, pengembangan produk, uji ahli, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras kelas VIII yang valid. Kevalidan buku ajar diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Penilaian ahli materi mencapai kategori baik, ahli bahasa mencapai kategori sangat baik, dan ahli media mencapai kategori sangat baik. Sedangkan keterbacaan dan kepraktisan buku ajar diperoleh dari data angket penilaian guru matematika yang hasilnya mencapai kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Downloads
References
Chotijah, H. Y., & Suparman. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Panduan Guru Implrmrntasi Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Sedolah Dasar. In The 5th Urecol Procedding (pp. 920–925). Yogyakarta: UAD.
Fathurrohman, M. (2014). Metode Penelitian Pengembangan. Serang: Untirta Press.
Gall, M. D., & Borg, W. R. (2003). Educational Research an Introduction (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Khikmiyah, F., & Midjan. (2016). Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika untuk Pembelajaran di SMP. Jurnal Silogisme, 1(2), 15–26.
Mendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. 21 Tahun 2016, 1.
Indonesia.
Mendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SMP/ MTs. Jakarta.
Mendiknas. (2001). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen, Pub. L. No. 36, 27. Indonesia.
Nurmita, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar SIswa dan Buku Guru Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Karim Kota Bengkulu. EduMat: Jurnal
Pendidikan Matematika, 5(1), 86–98.
Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Tim Puslitjaknov.
Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. (P. D. Iswara, Ed.) (3rd ed.). Bandung:ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(1), 1–13.
Susanto, H. (2013). Teknik Penyusunan Buku Ajar. In Penyusunan Buku Ajar (p. 16). Semarang: Universitas Muhamadiyah.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco: Jossey-Bass.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).