EFEKTIVITAS E-MODUL ANALISIS REAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Authors

  • Selamet Riyadi Universitas Kanjuruhan
  • Kawakibul Qamar Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengoptimalkan peran bahan ajar dengan mengembangkan dalam bentuk e-modul pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Secara harfiah, e-modul dapat dimaknai sebagai modul elektronik, non cetak dan hanya berupa file yang dapat dibuka dengan bantuan media elektronik seperti Tablet, Smartphone, komputer PC dan media elektronik lain berbasis sistem operasi terutama Android. Salah satu perkuliahan yang mempunyai keterbatasan handout serta mempengaruhi kompetensi mahasiswa adalah mata kuliah Analisis Real. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan modul pembelajaran ini adalah model pengembangan yang dirumuskan oleh Thiagarajan dengan model 4-D yang langkah-langkahnya meliputi Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil kuisioner menunjukkan persentase modul pembelajaran. sebesar 82,05% yang mengindikasikan bahwa e-modul berada dalam kualifikasi baik.

The focus of this study is to optimize the role by developing teaching materials in the form of e-modules in Mathematics Education Kanjuruhan University of Malang. Literally, e-modules can be interpreted as an electronic module, non-print and only in the form of files that can be opened with the help of electronic media such as tablets, smartphones, PCs and other electronic media, especially Android-based operating system. One of the lectures that have limited handouts and influencing students' competencies are courses Real Analysis. Model development used in the development of this learning module is a development model formulated by Thiagarajan with 4-D model of the steps include Define, Design, Develop, Disseminate. Results of questionnaires show the percentage of learning modules. of 82.05%, which indicates that the e-modules are in a good qualification

Downloads

Download data is not yet available.

References

Association For Educational Communications And Technology (AECT). 1977. The Definition Of Educational Technology. Washington, D.C.

Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Divapress

Degeng, I. N. S. 2001. Pengembangan Modul Pembelajaran. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Dikmenjur. (2004). Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Dikmenjur, Depdiknas

Heinich, R. et al. 2002. Instructional Media And Technology For Learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Nasution. 2004. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Wulandari, Tri Candra. 2012. Pengembangan Modul Bercirikan Kontekstual pada Materi Program Linier di SMK Negeri 2 Malang Program Keahlian Jasa Boga. Malang. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Published

2020-12-03

How to Cite

Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). EFEKTIVITAS E-MODUL ANALISIS REAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554