EFEKTIVITAS E-MODUL ANALISIS REAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554Abstrak
Fokus penelitian ini adalah mengoptimalkan peran bahan ajar dengan mengembangkan dalam bentuk e-modul pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Secara harfiah, e-modul dapat dimaknai sebagai modul elektronik, non cetak dan hanya berupa file yang dapat dibuka dengan bantuan media elektronik seperti Tablet, Smartphone, komputer PC dan media elektronik lain berbasis sistem operasi terutama Android. Salah satu perkuliahan yang mempunyai keterbatasan handout serta mempengaruhi kompetensi mahasiswa adalah mata kuliah Analisis Real. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan modul pembelajaran ini adalah model pengembangan yang dirumuskan oleh Thiagarajan dengan model 4-D yang langkah-langkahnya meliputi Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil kuisioner menunjukkan persentase modul pembelajaran. sebesar 82,05% yang mengindikasikan bahwa e-modul berada dalam kualifikasi baik.
The focus of this study is to optimize the role by developing teaching materials in the form of e-modules in Mathematics Education Kanjuruhan University of Malang. Literally, e-modules can be interpreted as an electronic module, non-print and only in the form of files that can be opened with the help of electronic media such as tablets, smartphones, PCs and other electronic media, especially Android-based operating system. One of the lectures that have limited handouts and influencing students' competencies are courses Real Analysis. Model development used in the development of this learning module is a development model formulated by Thiagarajan with 4-D model of the steps include Define, Design, Develop, Disseminate. Results of questionnaires show the percentage of learning modules. of 82.05%, which indicates that the e-modules are in a good qualification
Unduhan
Referensi
Association For Educational Communications And Technology (AECT). 1977. The Definition Of Educational Technology. Washington, D.C.
Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Divapress
Degeng, I. N. S. 2001. Pengembangan Modul Pembelajaran. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.
Dikmenjur. (2004). Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Dikmenjur, Depdiknas
Heinich, R. et al. 2002. Instructional Media And Technology For Learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Nasution. 2004. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota
Wulandari, Tri Candra. 2012. Pengembangan Modul Bercirikan Kontekstual pada Materi Program Linier di SMK Negeri 2 Malang Program Keahlian Jasa Boga. Malang. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2016 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.