Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.923Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah adalah menguasai kemampuan pemahaman matematis.Tetapi, faktanya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah.Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan terhadap pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. Serta tingkat kepuasaan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan TKL. Penelitian dengan pendekatan perbedaan ganda, desain grup non-ekivalen kepercobaan-kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N kelas VII di Kecamatan Karawang Barat, dengan sampel sebanyak 30 siswa untuk masing-masing grup ( pembelajaran TKL) dan kelompok kontrol (pembelajaran langsung). Teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan Pemahaman Matematis siswa yang memperoleh TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Dan respon yang sangat baik tehadap pembelajaran TKL. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik kreasi lagu dengan menyeimbangkan fungsi oatak, efektif dalam pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa.
Downloads
References
Ardiansyah, A.F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Nu 1 Ajibarang. [Online]. Tersedia: http://www.repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 30 Oktober 2017.
Chan. (2009). Pengaruh Musik Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia : https://chan97best.wordpress.com/2009/09/Pengaruh-musik-dalam-pembelajaran/. Diakses tanggal 27 Januari 2017.
Devi W.S, dkk. (2011). Efektivitas Musik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematik Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Humanitas, 8(2), 130-142.
Eman, S., & Kusumah, Y.S. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.
Eman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI.
Fraenkel, J., & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. (2nd ed). Newyork: McGraw-Hill Inc.
Hendra, G. (2013). Matematika Musik dan Kecerdasan. [Online]. Tersedia: http://www.bincangedukasi.com/matematika-musik-dan-kecerdasan/. Diakses tanggal 27 Januari 2016
Khandker, S.R., dkk. (2010). Handbook on Impact Evaluation, Quantitative Methods and Practices. The International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank.
Permendiknas. (2006). Standar Isi. [Online]. Tersedia: http://www.sdm.data.kemdikbud.go.id. Diakses 27 Januari 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).