Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.923Abstrak
Salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah adalah menguasai kemampuan pemahaman matematis.Tetapi, faktanya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah.Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan terhadap pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. Serta tingkat kepuasaan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan TKL. Penelitian dengan pendekatan perbedaan ganda, desain grup non-ekivalen kepercobaan-kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N kelas VII di Kecamatan Karawang Barat, dengan sampel sebanyak 30 siswa untuk masing-masing grup ( pembelajaran TKL) dan kelompok kontrol (pembelajaran langsung). Teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan Pemahaman Matematis siswa yang memperoleh TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Dan respon yang sangat baik tehadap pembelajaran TKL. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik kreasi lagu dengan menyeimbangkan fungsi oatak, efektif dalam pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa.
Unduhan
Referensi
Ardiansyah, A.F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Nu 1 Ajibarang. [Online]. Tersedia: http://www.repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 30 Oktober 2017.
Chan. (2009). Pengaruh Musik Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia : https://chan97best.wordpress.com/2009/09/Pengaruh-musik-dalam-pembelajaran/. Diakses tanggal 27 Januari 2017.
Devi W.S, dkk. (2011). Efektivitas Musik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematik Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Humanitas, 8(2), 130-142.
Eman, S., & Kusumah, Y.S. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.
Eman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI.
Fraenkel, J., & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. (2nd ed). Newyork: McGraw-Hill Inc.
Hendra, G. (2013). Matematika Musik dan Kecerdasan. [Online]. Tersedia: http://www.bincangedukasi.com/matematika-musik-dan-kecerdasan/. Diakses tanggal 27 Januari 2016
Khandker, S.R., dkk. (2010). Handbook on Impact Evaluation, Quantitative Methods and Practices. The International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank.
Permendiknas. (2006). Standar Isi. [Online]. Tersedia: http://www.sdm.data.kemdikbud.go.id. Diakses 27 Januari 2017.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.