Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning

Authors

  • Putri Cantika Ramananda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Sujinal Arifin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Liana Liana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10081

Abstract

The aim of this research is to describe students' ability to understand concepts using the guided discovery learning model in learning statistics material. The method used in this research is quasi-experimental with a one-shot case study design. The data collection technique used consisted of a test of the ability to understand mathematical concepts in the form of a description of 7 test questions and interviews. The ability to understand concepts can be seen from the analysis of students' answers to test questions given to 28 students whose research subjects were class VIII students at SMP Negeri 46 Palembang. From the results of this test, interviews were then conducted with 4 students who received ability scores in three categories of low, medium and high. The results of this research show that more than 20 students have met the indicators of ability to understand concepts with an average answer of 80% -93% with an average score of "83.88", a very good assessment criterion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Ani (2021). Metode guided discovery dalam pembelajaran matematika. Aceh : Syiah Kuala University Press.

Amin & Linda yurike susan sumendap. (2022). 164 model pembelajaran kontemporer. Bekasi : Pusat LPPM Universitas Islam 45.

Apsari, P. N., & Swaditya Rizki. (2018). Media pembelejaran matematika berbasis android pada materi program linear. Jurnal Pendidikan matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1). 163- 168.

A, Rasul, Subhanudin & Ruben Sonda. (2022). Statistika pendidikan matematika.

Kediri : CV. Kreator Cerdas Indonesia.

Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2018). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 23-29.

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Astawana, I. G. L. P., dkk. (2018). Inovasi pembelajaranku. Bali: Yayasan er institute.

Astra, I made & Rifa syarifatul hamidah. (2017). Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui model guided discovery learning kelas XI mipa ppada materi suhu dan kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan fisika, Vol 3(2).Hal 181.

Azis, A. C. K., dkk. (2021). Pengajaran micro teaching. Banten : Media Sains Indonesia.

Baiduri, Christina Wardani., & Utomo, D. P. (2021). Pemahaman konsep geometri ditinjau dari kecerdasan interpersonal dari interpersonal. Malang: UNM.

Branch. (2009). Desain instruksional pendekatan ADDIE. Georgia : Departemen Psikologi Pendidikan dan Teknologi Instruksional Universitas Georgia.

Daniati, Devi Wahyu., dkk. (2020). 27 cara asyik belajar matematika.

Magelang : Pustaka rumah cinta.

Eggen, Paul & Kauchack. (2012) . Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berfikir, Edisi 6. Jakarta barat: PT. Indeks.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127-133.

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan pemahaman konsep siswa smp dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4(1), Hal 76-79.

Mayasari, novi., Anita Dewi Utami & Puput suriyah. (2022). Buku ajar matematika sekolah. Tasikmalaya : Rumah Cemerlang Indonesia.

Muderawan, I Wayan., dkk. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 3 (1), Hal 17 -23.

Nana. (2022) . Pengembangan bahan ajar pendidikan fisika berbasis model pembelajaran POE2WE. Klaten : Penerbit Lakeisha.

Nasruddin., dkk. (2022). Pengembangan bahan ajar. Sumatera Barat: PT.Global Eksekutif teknologi.

Nur, Fitriani & Masita. (2022). Pengembangan pembelajaran matematika. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Prihatiningtyas, Suci & Fatikhatun Nikmatus Sholihah. (2020). Physich learning by e-module. Jawa Timur: Fakultas Pertanian Universitas KH.A.Wahab Hasbullah.

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institude.

Ridho, F., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Aplikasi Android Contruct 2 untuk Media E-Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 165-171.

Risnawati, Melinda., & Anita, S. R. H. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP persada khatulistiwa sintang. Jurnal Pendidikan dasar perkhasa, 4(1). 97.

Ruqoyyah, Siti., dkk. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA Microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Retnawati, Heri. (2015). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rosita, Eliana. (2022). Pengembangan leaflet angiospermae. (n.d). (n.p.): Mualimin.

Sajaka, Kamta Agus., dkk. (2019). Buku siswa explore matematika. Bandung: Penerbit Duta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanti, Erina Dwi., dkk. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf corporate pada materi luas dan volume bola. Jurnal Pendidika Matematika, Vol.3(1). Hal. 40-41.

Syahrial., dkk. (2019). E- Modul Etnokontruktivisme : Implementasi pada kelas v sekolah dasar ditinjau dari presepsi, minat dan motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 21(1). 167 – 168.

Virlianti, Y. (2002). Analisis pemahaman koonsep siswa dalam memecahkan kontekstual pada pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik. Bandung : FMIPA UPI

Yolanda, Dilla Desvi. (2020). Pemahaman konsep matematika dengan metode Discovery. Depok : Guepedia Group.

Yusuf, Yusfita., dkk. (2020). Call for book tema 3 (media pembelajaran).

Surabaya : Jakad Media Publishing.

Zulmi, Nurul., dkk. (2018). Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) berbasis program matlab pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 2 Labuapi kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Jurnal hasil kajian, inovasi, dan aplikasi pendidikan fisika. Vol 4(1).

Published

2024-01-29

How to Cite

Ramananda, P. C., Arifin, S., & Liana, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 129–141. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10081