Pengembangan Modul Matematika Untuk Peserta Didik Tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4416Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pengembangan modul matematika untuk peserta didik tunanetra pada materi garis, sudut, persegi, dan segitiga; dan (2) Mengetahui kualitas modul matematika untuk peserta didik tunanetra berdasarkan penilaian validator dan uji coba terbatas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan Borg dan Gall. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yakni subyek penilai (validator) dan subjek ujicoba (peserta didik tunanetra). Pada penelitian ini proses analisis data yang dilakukan meliputi analisis data pengembangan modul matematika untuk peserta didik tunanetra dan kualitas modul berdasarkan penilaian para validator serta proses uji coba terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan modul meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk (hanya sampai uji coba terbatas). (2) Setelah melalui beberapa kali revisi ketiga validator menyatakan modul layak untuk digunakan, skor rata-rata adalah 181.67 dengan skor maksimal adalah 215. Serta berdasarkan uji coba terbatas menyatakan bahwa modul layak untuk digunakan.
Downloads
References
Klingenberg, C. P. (2008). Morphological Integration and Developmental Modularity. Annual Review of Ecology, Evolution, and Systematics, 39(1), 115 – 132
Kohanová, I. (2006). Teaching Mathematics To Non-Sighted Students: With Specialization In Solid Geometry. Doctoral thesis: Bratislava
Kohanova, I. (2013). Technologies And Tools In Teaching Mathematics To Isually Impaired Students. Artikel diambil dari Faculty of Mathematics, Physics and Informatics, Comenius University Bratislava, Slovakia.
Mayang Faulina, Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Audio Untuk Siswa Tunanetra Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. ISSN: 2407-7496 670. 670 – 675
Muthmainnah, Rahmi Nurul. (2015). Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 1 No.1.
Nakata, H. (2003). Educational Cooperation Bases System Construction Project, Implementation Report, Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED), University of Tsukuba, Japan.
Nila Kurniasih, Erni Puji Astuti, Heru Kurniawan. (2016). Pengembangan Puzzegi (Puzzle Segi Empat) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tuna Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978-602-6122-20-9. Hal 57 – 66
Rouzier, S., Hennion, B., Segovia, T. P., & Chene, D. (2004). Touching Geometry for Visually Impaired Pupils. In D. Chene (Ed.), Proceedings of EuriHaptics (pp. 104–109)
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutjihati Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Rafika Aditama.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 32
UNESCO. (2015). Teaching Children with Disabilities in Inclusive Settings. Paris.
Zhenta Muca. (2014). Issues Concerning The Education And Integration Of Blind Students In Albania. Journal of International Scientific Publications. (12), 615 – 631
Downloads
Published
Versions
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).