Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semster genap Tahun Akdemik 2019/2020 di Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa soal tes kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian desriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian persentasi kesalahan yang dialami mahasiswa pada setiap kemampuan dan perindikator rata-rata berkriteria sangat rendah. Dan dapat disimpulkan banyak kesalahan yang dialakukan mahasiswa saat menjawab soal yang diberikan. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam pengerjaan soal tersebut yaitu mahasiswa kurang teliti dalam mengoprasikan bentuk aljabar, kurang pahamnya konsep dan sifat-sifat operasi aljabar, kesulitan mengindentifikasi penyelesaian yang tepat.
Downloads
References
BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tidak diterbitkan.
Ernawati, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segi Empat. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Moleong, L, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
National Council of Teacher Mathematics. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nela Rizka, Hendra Syarifuddin dan Suherman. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2) , 44-48.
Rismawati, M. dan Hutagaol, A.S.R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 91-105.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Disampikan pada Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMA jenjang Dasar Tanggal 6-19 Agustus 2014 di PPPG Matematika Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N, S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suwangsih, Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI Press. Bandung.
Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Versions
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).