Tinjauan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Penulis

  • Imam Nurrochman Asfanudin Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Ira Kurniawati Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Riki Andriatna Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10433

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di kota Surakarta pada tahun 2023. Sampel pada penelitian ini diambil dengan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kelas kontrol yang mendapatkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Teknik pengumpulan data melalui angket untuk mendapatkan data mengenai self-efficacy siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk mendapatkan data mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan Sel Tidak Sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik daripada siswa yang diberikan model Pembelajaran Berbasis Masalah, baik secara umum maupun ditinjau dari self-efficacy siswa, baik tinggi, sedang, dan rendah. Pada aspek self-efficacy, baik secara umum maupun pada masing-masing model pembelajaran, self-efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis sama baiknya dengan self-efficacy sedang, siswa self-efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik daripada siswa dengan self-efficacy rendah, dan siswa self-efficacy sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis sama baiknya dengan siswa self-efficacy rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2020). Improving Student’s Mathematical Communication Abilitythrough Think Talk Write Learning Model on Geometry Materials. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 65–75. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.6184

Agung, P., & Sutji, M. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik dan Inovatif Abad 21 pada Materi Gelombang dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMKN 1 Dukuhturi. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 214–221. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.178

Astiwijaya, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1179

Budiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian (2nd ed.). UNS Pres.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. UNS Press.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Fatmawati, K. E., Sutopo, & Fitriana, L. (2019). Eksperimentasi Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Teorema Phytagoras Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mojosongo. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 3(4), 401–409. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/37696

Gibson, J. L. (2010). Organizations Behavior, Structure, Processes. McGraw-Hill, Inc.

Glava, C., & Baciu, C. (2015). Premises of the Educational Implementation of Information and Communication Technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209, 3–8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.206

Hanisah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Desa Bojong. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 131–140.

Hati, R., Sapri, J., & Wasidi, W. (2019). THE EFFECT OF MISSOURI MATHEMATICS PROJECT LEARNING MODEL AND SELF REGULATED LEARNING TOWARD STUDENT ACHIEVEMENT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 34–47. https://doi.org/10.33369/diadik.v8i1.7197

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Hidayat, W. (2017). Metaphorical Thinking Learning and Junior High School Teachers’ Mathematical Questioning Ability. Journal on Mathematics Education, 8(1), 55–64. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3614.55-64

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Kamid, Rusdi, M., Fitaloka, O., Basuki, F. R., & Anwar, K. (2020). Mathematical communication skills based on cognitive styles and gender. Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 847–856. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20497

Klochkova, O., Komochkina, E., & Mustafina, A. (2016). “Triad” Strategy as an Effective Way of Developing Professional Communication Skills of Physics and Mathematics Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 236, 271–276. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.12.028

Lianto, L. (2019). Self-efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55–61. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409

Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.12809

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Panadero, E., Jonsson, A., & Botella, J. (2017). Effects of Self-Assessment on Self-Regulated Learning and Self-Efficacy: Four Meta-Analyses. Educational Research Review, 22(1), 74–98. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.08.004

Pugalee, K. D. (2001). Using Communication to Develop Students Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in The Middle School, 6(5), 296–299. https://doi.org/10.5951/MTMS.6.5.0296

Randa, M., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1197–1206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352

Rina, M., & Sitti, H. M. (2015). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche 165 Journal, 8(2), 14–28.

Rohid, N., Suryaman, & Rusmawati, R. D. (2019). Students’ Mathematical Communication Skills (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19–30. https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a

Sihaloho, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62–70. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419–430.

Tiffany, F., Surya, E., Panjaitan, A., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Student at The Grade IX Junior High School. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 2160–2164.

Viki, V. F., & Handayani, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 189–202. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.906

Wulandari, A. P., Cholily, Y. M., & Ummah, S. K. (2022). Development of Missouri Mathematics Project Learning Worksheet to Improve Mathematical Communication and Critical Thinking Skill. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 57–66. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp57-66

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yerizon, Armiati, Tasman, F., & Abdullah, B. (2019). Development of StudentWorksheets Based on M-APOS Approach with Mind Mapping to Improve Mathematical Communication Ability of Grade VII Students of Middle School. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 352–356.

Zahrowiyah, S., Faradiba, S. S., & Alifiani, A. (2022). Kemampuan Komunıkasi Matematıs Tulis Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self-Effıcacy Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1995–2010. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1433

Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Mawaddah, S. (2021). Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model. J. Phys.: Conf. Ser., 1760, 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Asfanudin, I. N. ., Kurniawati, I., & Andriatna, R. . (2024). Tinjauan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 45–57. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10433