Rancangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Menggunakan Konteks Perubahan Iklim untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistik
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10440Abstrak
Isu perubahan iklim merupakan permasalahan global yang sangat strategis untuk diatasi, karena memiliki dampak terhadap lingkungan. Rendahnya kemampuan memahami dan menginterpretasikan data perubahan iklim yang disajikan secara statistik, berhubungan dengan rendahnya kemampuan literasi statistik. Literasi statistik merupakan kemampuan kritis untuk mengakses, memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi atau pesan yang bersifat statistik dalam beragam konteks. Hal ini yang mendasari peneliti untuk merancang lintasan pembelajaran menggunakan konteks perubahan iklim untuk melatih kemampuan literasi statistik mahasiswa calon guru. Metode yang digunakan desain research type validations studies dengan subjek mahasiswa calon guru. Penelitian ini menghasilkan HLT yang mampu memfasilitasi kemampuan literasi statistik serta berhasil mengidentifikasi level kemampuan literasi statistik mahasiswa yang berada pada tahap rendah dan menengah.
Unduhan
Referensi
Akker, J. Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen. (2006). Educational Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., . . . Robinson, B. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/doi.org/10.5951/AT.29.5.0059
Andriatna, R., Kurniawati, I., & Wulandari, A. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 19-28. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.19-28
Aziz, A.M., & Rosli, R. (2021) A systematic literature review on developing students’ statistical literacy skills. Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012102
Ben-Zvi, D. (2020). Data Handling and Statistics Teaching and Learning. In: Lerman, S. (eds) Encyclopedia of Mathematics Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_41
Biehler, R., & Confrey, J. (Eds.). (1996). "The Development of Multiplicative Reasoning in the Learning of Mathematics." SUNY Press.
Gal, I. (2004). Statistical Literacy. In: Ben-Zvi, D., Garfield, J. (eds) The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning and Thinking. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/1-4020-2278-6_3
Gal, I. (2019). Understanding statistical literacy: About knowledge of contexts and models. En J. M. Contreras, M. M. Gea, M. M. López-Martín y E. Molina-Portillo (Eds.), Actas del Tercer Congreso Internacional Virtual de Educación Estadística. https://www.ugr.es/~fqm126/civeest/ponencias/gal.pdf
Garfield, J., & Ben-Zvi, D. (2008). "Developing students’ statistical reasoning: Connecting research and teaching practice." Springer Science & Business Media.
Gelman, A., & Nolan, D. (2002). "Teaching statistics: A bag of tricks." Oxford University Press.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Design Research from the Learning Design Perspective. In Educational Design Research Part A: An Introduction. Netherland Institute for Curriculum Development (SLO).
Haeuvel-Panhuizen, M. V., & Drijvers, P. (2020). Realistics Mathematics Education. In S. Lerman, Encyclopedia of Mathematics Education (pp. 713-717). Springer.
Idris, K. (2019). Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman : Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 3(1), 357–62. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1474371
IPCC. (2018). "Global warming of 1.5°C: Summary for policymakers." Intergovernmental Panel on Climate Change.
Kemendikbudristek. (2023, 11 28). fase-e. Retrieved from guru.kemendikbud.go.id: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/matematika/fase-e/
Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2017). Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 246-255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.970
Lestari, L., & Umbara, U. (2022). Bahan Ajar Desain Didaktis pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa SMP/MTs-Sederajat. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 93-110. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i`1.5464
Muñiz-Rodríguez L, Rodríguez-Muñiz LJ, Alsina Á. (2020). Deficits in the statistical and probabilistic literacy of citizens: Effects in a world in crisis. Mathematics, 8(11), 1–20. https://doi.org/10.3390/math8111872
Nabila, F., Permadi, H., & Sukoriyanto. (2023). Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Statistik Berdasarkan Gaya Belajar Honey-Mumford. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 195-209. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7757
Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., Kurino, Y. D., Juliar, E., & Bilda, W. (2021). Statistical Literacy Analysis of Pre-Service Elementary Teachers Education. Journal of Physics: Conference Series, 1764(012126), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012126
Pratt, D., Davies, N., Connor, D. (2011). The Role of Technology in Teaching and Learning Statistics. In: Batanero, C., Burrill, G., Reading, C. (eds) Teaching Statistics in School Mathematics-Challenges for Teaching and Teacher Education. New ICMI Study Series, vol 14. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-1131-0_13
Putri, C. K., Juandi, D., Utomo, S. P., & Sukri. (2023). High School Students’ Errors in Solving Statistical Literacy Test Similar to Minimum Competency Assessment. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 83-93. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i02.26153
Reeves, T.C. (2006). Design research from a technology perspective. In: Akker J van den, Grave Meijer K, McKenney S, Nieveen N, editors. Educational Design Research. 1st edition. Oxon: Routledge, 52–66.
Risqi, E. N., & Setianingsih, R. (2021). Statistical Literacy of Secondary School Students in Solving Contextual Problems Taking into Account the Initial Statistical Ability. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 43-54. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5285
Setiawan, E. P., & Sukoco, H. (2021). Exploring First Year University Students’ Statistical Literacy: A Case on Describing and Visualizing Data. Journal on Mathematics Education, 12(3), 427-448. https://doi.org/10.22342/jme.12.3.13202.427-448
Setyani, G. D., & Kristanto, Y. D. (2020). A Case Study of Promoting Informal Inferential Reasoning in Learning Sampling Distribution for High School Students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 64–77. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3132
Sharma, S (2017). Definitions and models of statistical literacy: a literature review. Open Review of Educational Research, 4:1, 118-133. https://doi.org/10.1080/23265507.2017.1354313
Sinaga, T. M. (2022, 11 15). Humaniora, Mendidik Siswa sebagai Aset Masa Depan Bangsa. Retrieved from kompas.id: https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/11/15/mendidik-siswa-sebagai-aset-masa-depan-bangsa?open_from=Humaniora_Page
Tiro, M.A. (2018). Strategi Aksi Gerakan Nasional Literasi Statistika di Indonesia. Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika),1–21. https://ojs.unm.ac.id/variansistatistika/article/view/7193
Van Eerde, D. (2013) Design Research: Looking into The Heart of Mathematics Education. In: Zulkardi (Eds). The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, 22-23 April 2013, Palembang, Indonesia. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/5988
Watson, J.M. (2011). Foundations for improving statistical literacy. Statistical Journal of the IAOS, 27(3),197-204. https://doi.org/10.3233/SJI-2011-0728
Weiland, T. (2017). Problematizing statistical literacy: An intersection of critical and statistical literacies. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 33–47. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9764-5
Witt, G. (2013). Using Data from Climate Science to Teach Introductory Statistics. Journal of Statistics Education, 21(1),1–24. https://doi.org/10.1080/10691898.2013.11889667
Zulkardi, Putri, R.I.I., Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia. In: International Reflection on the Netherland Didactic of Mathematics, p. 325–40. https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-030-20223-1
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.