Pengaruh Problem-Based Learning dengan Permainan “Jelajah Waktu” terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SD

Penulis

  • Siti Wahyuni Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Isrok’atun Isrok’atun Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Maulana Maulana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10580

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana pengaruh model problem-based learning (PBL) dengan permainan “Jelajah Waktu” terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta guna mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik. Jenis penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan ialah siswa kelas III SD di Kecamatan Sumedang Selatan dengan sampel penelitian kelas III SDN Sukaraja II. Tes kemampuan pemecahan masalah dengan soal uraian menjadi instrument dalam penelitian ini. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan uji beda rata-rata (paired sample t-test dan independet sample t-test) dan uji gain yang sebelumnya di uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat pengaruh yang positif melalui penerapan model PBL  dengan permainan “Jelajah Waktu” terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa serta menunjukkan peningkatan sebesar 0,46 di kelas eksperimen yang tergolong dalam peningkatan sedang. Kemudian, disimpulkan juga pembelajaran PBL dengan permainan “Jelajah Waktu” lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GAGUNG DURAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969

Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita pada Materi Segitiga dan Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325

Astuti, D. A. P., Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR.

Astutiani R, Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA.

Damayanti, M. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN MENGATASI KESULITAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. 2 St Proceeding STEKOM, 2022.

Hake, R. R. (1999). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2571–2584. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1261

Hasanah, N., Lubis, R. R., & Sari, B. P. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 2(1).

Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534

Irnawati, Gunayasa, I. B. K., & Turmuzi, M. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA METEMATIKA SISWA KELAS V ARTICLE INFO ABSTRACT. Pendas:Primary Education Journal, 1(2). http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). PT. Bumi Aksara.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif (R. Irawati, Ed.; 1st ed.). UPI Sumedang Press.

Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Informasi Artikel ABSTRAK. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjmev6ì1.5764

Ningrum, P. W., Nuraeni, F., & Caturiasari, J. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Al Qodriri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 646–652. https://doi.org/10.53515/qodiri

Pamungkas, D. F. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING TOWARD PROBLEM SOLVING SKILLS OF MATHEMATIC.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016, (2016).

Pranoto, I., Budhi, W. S., & Gunawan, H. (2023, December 14). Hasil PISA 2022, Matematika Indonesia masih Stagnan . Media Indonesia.

Sahrudin, A. (2018). PENGEMBANGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN THINKING MATH PESERTA DIDIK MA GLOBAL SCHOOL. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43.

Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05, 935–948.

Satya, M. A., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5786

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Wahyuni, S., Isrok’atun, I., & Maulana, M. (2024). Pengaruh Problem-Based Learning dengan Permainan “Jelajah Waktu” terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SD. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 29–44. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10580