Pengaruh Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Metode GASING Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Angka di SD
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10789Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode GASING terhadap pemahaman konsep matematis perkalian dua angka pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil yaitu seluruh sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sumedang Selatan, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Sukaraja I yang berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian yaitu tes berupa soal uraian mengenai pemahaman konsep matematis perkalian dua angka. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgment pada beberapa ahli dan uji coba instrumen pada siswa yang kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan membandingkan nilai gain kelas kontrol dan eksperimen yang sudah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif TGT dengan metode GASING memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis perkalian dua angka yang dibuktikan dari adanya peningkatan sebesar 0,56 di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan di kelas kontrol sebesar 0,26.
Unduhan
Referensi
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV (Vol. 4).
Aprijon. (2020). Pelatihan Matematika Gasing Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian Dua Digit Dengan Dua Digit Untuk Siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri. In Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Masyarakat Islam p-issn (Vol. 14, Issue 01). http:http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara/index
Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1033–1042. http://jurnaledukasia.org
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Duffin, J. M. , & S. A. P. (2000). A search for understanding. The Journal of Mathematical Behavior, 18, 415–427.
Dwiyono, Y., Kala, H., & Tasik. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 48, 175–190.
Ebbutt, S. , & S. A. (1988). Mathematics in Primary Schools Part 1: Children and Mathematics. Collins Educational.
Hidayat, Y. W., & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 169–179. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8761
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). PT. Bumi Aksara.
Julia, J., Subarjah, H., Maulana, M., Sujana, A., Isrokatun, I., Nugraha, D., & Rachmatin, D. (2020). Readiness and competence of new teachers for career as professional teachers in primary schools. European Journal of Educational Research, 9(2), 655–673. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.655
Keputusan Kepala BSKAP Kemdekbudristek Nomor 08 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka, (2022).
Khulaifatur, N., Solikin, R., Ayu, D., Cipta, S., Anugraini, A. P., Matematika, P., Budi, I., & Malang, U. (2019). Penggunaan Metode Lattice Dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. In Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 2, Issue 1).
Kusuma, W. K., Jampel, N., Wira Bayu, G., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1).
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Nurhayati, Sukenda Egok, A., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Nursakiah, & Bahar, E. E. (2021). Pelatihan Penerapan Metode Gasing Dalam Operasi. In J. A. I : Jurnal Abdimas Indonesia. https://dmi-journals.org/jai
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Setianingsih, D., Dian Ayu Afiani, K., Binti Mirnawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, L., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. In ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Y Surya. (2013). Modul Pelatihan Matematika GASING SD Bagian 1. PT. Kandel.
Yanti, A. W., Dwi Putri Kusumawardani, A., Mazidatur Rohmah, F., & Kulsum, U. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kilpatrick. MUST: Journal of Mathematics Education, 7(1). https://doi.org/10.30651/must.v7i1.10938
Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 178–187.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.