Metakognisi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Matematis

Penulis

  • Sri Indah Dwirahmasari Yudha Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Abd Qohar Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sisworo Sisworo Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.10964

Abstrak

Metakognisi menjadi salah satu aspek penunjang keberhasilan individu dalam menyelesaikan masalah pembuktian matematika, karena dengan menggunakan metakognisi saat menyelesaikan masalah akan memperoleh hasil yang efektif. Riset ini ditujukan untuk mengali informasi tentang metakognisi yang dimiliki mahasiswa dalam melakukan penyelesaian masalah pembuktian matematika. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Mahasiswa Pendidikan Matematika yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari Universitas Negeri Malang. Cara memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan tes pembuktian matematika dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan bahwa metakognisi yang dialami mahasiswa terdiri dari kesadaran, pengaturan, dan evaluasi. Akan tetapi, aktivitas metakognisi dari mahasiswa pertama dengan mahasiswa lainnya berbeda. Hal ini karena metakognisi dari setiap individu berbeda walaupun keduanya memiliki kemampuan memecahkan masalah yang sama.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdelrahman, R. M. (2020). Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students. Heliyon, 6(9), e04192. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04192

Anggo, M., Salam, M., Suhar, & Santri, Y. (2014). Strategi Metakognisi untuk Meningkatkan Haisl Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 84–91.

Ayazgök, B., & Aslan, H. (2014). The Review of Academic Perception, Level of Metacognitive Awareness and Reflective Thinking Skills of Science and Mathematic University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 781–790. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.137

Bieda, K. N., Ji, X., Drwencke, J., & Picard, A. (2014). Reasoning-and-proving opportunities in elementary mathematics textbooks. International Journal of Educational Research, 64, 71–80. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2013.06.005

Desoete, A., & De Craene, B. (2019). Metacognition and mathematics education: an overview. ZDM - Mathematics Education, 51(4), 565–575. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01060-w

Fatima, S. N., Munawwir, Z., & Kartika Sari, L. D. (2021). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Menggunakan Soal TIMSS ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 349–366. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.227

Jacobse, A. E., & Harskamp, E. G. (2012). Towards efficient measurement of metacognition in mathematical problem solving. Metacognition and Learning, 7(2), 133–149. https://doi.org/10.1007/s11409-012-9088-x

Kartika, D. L. (2020). Aktivitas Metakognisi Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Program Linear (Studi Kasus Berdasarkan Perbedaan Gender). Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 119. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.6481

Khairunnisa, R., & Setyaningsih, N. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, KNPMP II, 465–474.

Khairunnisa, & Ramlah. (2021). Aktivitas Pemecahan Masalah Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA ditinjau Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.445-452

Kyriakides, L., Anthimou, M., & Panayiotou, A. (2020). Searching for the impact of teacher behavior on promoting students’ cognitive and metacognitive skills. Studies in Educational Evaluation, 64(September 2019), 100810. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.100810

Lew, K., & Zazkis, D. (2019). Undergraduate mathematics students’ at-home exploration of a prove-or-disprove task. Journal of Mathematical Behavior, 54(September). https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2018.09.003

Magiera, M. T., & Zawojewski, J. S. (2011). Characterizations of social-based and self-based contexts associated with students’awareness, evaluation,and regulation of their thinking during small-group mathematical modeling. Journal for Research in Mathematics Education, 42(5), 486–520. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.42.5.0486

Martin, G. (1989). Proof Frames of Preservice Elementary Teachers. Journal for Research in Mathematics Education, 20(1).

Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Krisdiana, I. (2018). Prospective Student Teachers Of Mathematics Abilities In Problem Solving Geometry Theorem Proving. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 41–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26486/jm.v2i2.272

Moleong, L. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Polya, G. (1981). Mathematical Discovery: On Understanding, Learning and Teaching Problem Solving, (Combined Edition). John Willey & Sons, Inc.

Purnomo, D., Nusantara, T., & Rahardjo, S. (2016). The Characterization Of Mathematics Students ’ Metacognition Process In Solving Mathematical Problems. Proceeding of 3Rd International Conference on Research, 16(May), 16–17.

Reisoğlu, İ., Eryılmaz Toksoy, S., & Erenler, S. (2020). An analysis of the online information searching strategies and metacognitive skills exhibited by university students during argumentation activities. Library and Information Science Research, 42(3). https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101019

Schneider, W., & Artelt, C. (2010). Metacognition and mathematics education. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 42(2), 149–161. https://doi.org/10.1007/s11858-010-0240-2

Setyadi, D. (2018). Proses Metakognisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika UKSW). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 93–99.

Sigalingging, J. J. A., Muksar, M., & Qohar, A. (2019). Proses Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah High Order Thinking. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(12), 1643. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13084

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. UM Press.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 72–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510

Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049

Taufik, M., & Susanti, R. D. (2022). Representation Of Students’ Relational Understanding In Solving Evidence-Related Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 15–23. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5715

Veenman, M. V. J., Van Hout-Wolters, B. H. A. M., & Afflerbach, P. (2006). Metacognition and learning: Conceptual and methodological considerations. Metacognition and Learning, 1(1), 3–14. https://doi.org/10.1007/s11409-006-6893-0

Weber, K. (2005). Problem-solving, proving, and learning: The relationship between problem-solving processes and learning opportunities in the activity of proof construction. Journal of Mathematical Behavior, 24(3–4), 351–360. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2005.09.005

Wilson, J., & Clarke, D. (2004). Towards the modelling of mathematical metacognition. Mathematics Education Research Journal, 16(2), 25–48. https://doi.org/10.1007/BF03217394

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Yudha, S. I. D., Qohar , A., & Sisworo, S. (2024). Metakognisi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(2), 253–263. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.10964