Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa Sma Pada Materi Trigonometri Menggunakan Pembelajaran Berbasis Bukti Berbantuan Software Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11095Abstrak
NCTM mengungkapkan salah satu dari lima standar proses yang harus dimiliki peserta didik ialah penalaran dan bukti. Salah satu topik matematika yang sarat dengan pembuktian matematis adalah trigonometri. Mengingat kontribusi komputer sangat besar terhadap pelajaran matematika, maka salah satu media yang dapat digunakan pada materi ini adalah sistem media geogebra. Tujuan pada penelitian tersebut untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMA pada pembuktian matematika materi trigonometri menggunakan pembelajaran berbasis bukti berbantuan software geogebra. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian tersebut ialah deskriptif dengan metode kualitatif menggunakan instrumen penelitian diantaranya tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan pembuktian matematika siswa tergolong kategori sedang. Peserta didik telah memunculkan indikator kemampuan pembuktian matematika diantaranya mengidentifikasi data dengan persentase sebesar 77,5%, menyatakan keterkaitan antar data dengan konklusi dengan persentase sebesar 87,5%, menggunakan premis, definisi, atau teorema-teorema dengan persentase sebesar 56,67%, dan mengkontruksi pembuktian menggunakan software geogebra dengan persentase sebesar 30%.
Unduhan
Referensi
AMANIA, M., & Hartono, Y. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Negeri 10 Palembang Pada Pembelajaran Berbasis Bukti Materi Logaritma. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indralaya.
Andarwati, D., & Hernawati, K. (2013). P – 22 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( Lks ) Berbantuangeogebra Untuk Membelajarkan. Prosiding, 978–979.
Annadzili, M. D., Halini, H., & Suratman, D. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Trigonometri Menggunakan Metode Certainty of Response Index Termodifikasi Di Sma. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 27.
ANTIKA, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Bukti Untuk Siswa SMA. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indralaya.
Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan ..., 1(11), 2377–2394. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3231%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/download/3231/3074
Chao, T., Chen, J., Star, J. R., & Dede, C. (2016). Using Digital Resources for Motivation and Engagement in Learning Mathematics: Reflections from Teachers and Students. Digital Experiences in Mathematics Education, 2(3), 253–277. https://doi.org/10.1007/s40751-016-0024-6
Dewi, R. S., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Herizal, Suhendra, & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh kemampuan memahami bukti matematis terhadap kemampuan mengonstruksi bukti matematis pada topik trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 17–24.
Jatisunda, M. G. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9.
Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri pada siswa kelas X. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2158–2162.
Kurniari, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of Macromedia Flash Module in the Learning Media Course Faculty of Teacher Training and Education University of Pejuang Republik Indonesia. Mapan; Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(2), 366-384
Lestari, Sigit, Ratnah. (2023). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4).
Lestari, N. A. (2018). Implementasi Pembelajaran Matematika Model Pace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 81-94.
Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., Bugis, R., & Azwan, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148–158. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.914
Mulyawati, C., Salmawati, S., Subianto, M., & Wafdan, R. (2017). Teaching Media Development of Mathematic in the Materials Trigonometry Sum and Two Angles Difference By Using Gui Matlab. Jurnal Natural, 17(2), 69.
Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Teori Bilangan. JURNAL e-DuMath, 4(2), 21-29.
Rusgianto, H.S. (2008). Trigonometri: Membangun Kekuatan Konstruksi Kognitif.
Yogyakarta: Grafika Indah.
Syafri, F. S. (2017). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Syofran, A. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 84.
Teplá, M., Teplý, P., & Šmejkal, P. (2022). Influence of 3Dmodels and animations on students in natural subjects. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-022-00382-8
Zetriuslita, Z., Nofriyandi, N., & Istikomah, E. (2020). The Effect of Geogebra-Assisted Direct Instruction on Students’ Self-Efficacy and Self-Regulation. Infinity Journal of Mathematics Education, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.