EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH BENDUNGAN WALAHAR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Siti Sundari Agustin Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Joko Soebagyo Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11127

Abstrak

Pada proses pembelajaran matematika akan efektif apabila terdapat interaksi sosial dan budaya melalui dialog, bahasa, dan representasi makna simbolik dalam matematika. Oleh karena itu, mengintegrasikan etnomatematika sebagai nilai budaya merupakan bagian dari representasi objek lingkungan nyata dalam konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika pada bangunan bersejarah Bendungan Walahar dan bagaimana implikasinya pada pembelajaran Matematika. Jenis Penelitian ini menggunakan eksploratif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah menganalisis bentuk-bentuk bentuk bangun datar yang disesuaikan dengan pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa salah satu cagar budaya peninggalan negara Belanda berupa bangunan bersejarah yaitu Bendungan Walahar yang memiliki bentuk bangun datar seperti segitiga sama kaki, lingkaran, persegi panjang dan bentuk bangun datar gabungan antara persegi panjang dan setengah lingkaran. Untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif mengeksplorasi sumber yang relavan dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga memungkinkan siswa untuk menghubungkan lingkungan kontekstual dan pengalaman pengetahuannya ketika belajar matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anista, R., & Marsigit, M. (2020). Direct identification of Borobudur temple artefacts for learning flat shapes concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012021

Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 571–575.

Daud, A. C., Mangobi, J. U. L., & Monoarfa, J. F. (2023). Application Of Problem-Based Learning Models In Flat Shape Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 17030–17036. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9069%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/9069/7408

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012042

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176. https://www.kemdikbud.go.id

Mustika, A., & Utomo, H. (2023). TINJAUAN EUTROFIKASI TERHADAP BANGUNAN IRIGASI (STUDI KASUS BENDUNG WALAHAR, KABUPATEN KARAWANG). JURNAL JERNIH, 01(1), 53–65.

Najah, E. F., & Nurhalimah, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria Universitas, 3, 98–104.

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497

Nur Alvian, D., Agustito, D., Astuti Arigiyati, T., Harini, E., & Adi Widodo, S. (2021). Identifying geometrical objects in Sumur Gumuling Tamansari: An ethnomathematics analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012021

Pakpahan, T. F., Retta, A. M., Tika, D., & Nopriyanti, D. (2023). Analisis Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Konteks Literasi Finansial. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 07(01), 1–14.

Pathuddin, H., Nawawi, M. I., & Kamariah. (2021). BUGINESE ETHNOMATHEMATICS: BARONGKO CAKE EXPLORATIONS AS MATHEMATICS LEARNING RESOURCES. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics Exploration of The Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1639

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 86–90. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.260

Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851

Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics study: cultural values and geometric concepts in the traditional “tanean-lanjang” house in Madura – Indonesia. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i1.15660

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210

Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2866/1238

Sudirman, S., Yaniawati, R. P., Melawaty, M., & Indrawan, R. (2020). Integrating ethnomathematics into augmented reality technology: Exploration, design, and implementation in geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032006

Sugi, S., & Soebagyo, J. (2022). Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara. Jurnal Analisa, 8(2), 142–151. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182

Tarihoran, D., Nau Ritonga, M., & Lubis, R. (2021). Teori Belajar Robert Mills Gagne Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 32–38. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2242

Tegar, W. P., Muchyidin, A., & Nursuprianah, I. (2022). Macan Ali In The Cirebon Glass Painting: The Study Of Ethnomathematics. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.58421/misro.v1i1.9

Wardani, A. K., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., & Selatan, S. (2024). Bagaimana Respon Siswa terhadap E-Modul Matematika dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan ? SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 08(01), 73–86. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10787

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Agustin, S. S., & Soebagyo, J. (2024). EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH BENDUNGAN WALAHAR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(2), 347–355. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11127