EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH BENDUNGAN WALAHAR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11127Abstrak
Pada proses pembelajaran matematika akan efektif apabila terdapat interaksi sosial dan budaya melalui dialog, bahasa, dan representasi makna simbolik dalam matematika. Oleh karena itu, mengintegrasikan etnomatematika sebagai nilai budaya merupakan bagian dari representasi objek lingkungan nyata dalam konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika pada bangunan bersejarah Bendungan Walahar dan bagaimana implikasinya pada pembelajaran Matematika. Jenis Penelitian ini menggunakan eksploratif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah menganalisis bentuk-bentuk bentuk bangun datar yang disesuaikan dengan pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa salah satu cagar budaya peninggalan negara Belanda berupa bangunan bersejarah yaitu Bendungan Walahar yang memiliki bentuk bangun datar seperti segitiga sama kaki, lingkaran, persegi panjang dan bentuk bangun datar gabungan antara persegi panjang dan setengah lingkaran. Untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif mengeksplorasi sumber yang relavan dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga memungkinkan siswa untuk menghubungkan lingkungan kontekstual dan pengalaman pengetahuannya ketika belajar matematika
Unduhan
Referensi
Anista, R., & Marsigit, M. (2020). Direct identification of Borobudur temple artefacts for learning flat shapes concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012021
Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 571–575.
Daud, A. C., Mangobi, J. U. L., & Monoarfa, J. F. (2023). Application Of Problem-Based Learning Models In Flat Shape Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 17030–17036. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9069%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/9069/7408
Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012042
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176. https://www.kemdikbud.go.id
Mustika, A., & Utomo, H. (2023). TINJAUAN EUTROFIKASI TERHADAP BANGUNAN IRIGASI (STUDI KASUS BENDUNG WALAHAR, KABUPATEN KARAWANG). JURNAL JERNIH, 01(1), 53–65.
Najah, E. F., & Nurhalimah, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria Universitas, 3, 98–104.
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497
Nur Alvian, D., Agustito, D., Astuti Arigiyati, T., Harini, E., & Adi Widodo, S. (2021). Identifying geometrical objects in Sumur Gumuling Tamansari: An ethnomathematics analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012021
Pakpahan, T. F., Retta, A. M., Tika, D., & Nopriyanti, D. (2023). Analisis Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Konteks Literasi Finansial. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 07(01), 1–14.
Pathuddin, H., Nawawi, M. I., & Kamariah. (2021). BUGINESE ETHNOMATHEMATICS: BARONGKO CAKE EXPLORATIONS AS MATHEMATICS LEARNING RESOURCES. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics Exploration of The Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1639
Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 86–90. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.260
Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851
Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics study: cultural values and geometric concepts in the traditional “tanean-lanjang” house in Madura – Indonesia. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i1.15660
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2866/1238
Sudirman, S., Yaniawati, R. P., Melawaty, M., & Indrawan, R. (2020). Integrating ethnomathematics into augmented reality technology: Exploration, design, and implementation in geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032006
Sugi, S., & Soebagyo, J. (2022). Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara. Jurnal Analisa, 8(2), 142–151. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182
Tarihoran, D., Nau Ritonga, M., & Lubis, R. (2021). Teori Belajar Robert Mills Gagne Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 32–38. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2242
Tegar, W. P., Muchyidin, A., & Nursuprianah, I. (2022). Macan Ali In The Cirebon Glass Painting: The Study Of Ethnomathematics. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.58421/misro.v1i1.9
Wardani, A. K., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., & Selatan, S. (2024). Bagaimana Respon Siswa terhadap E-Modul Matematika dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan ? SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 08(01), 73–86. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10787
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.