Systematic Literature Review: Ethnomathematical Context of Batik Motifs in Mathematics Learning
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11370Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etnomatematika motif batik dapat dijadikan sebagai pendekatan pembelajaran matematika dan diimplemenrtasikan di sekolah. Hasil identifikasi artikel dari tahun 2013 sampai 2023 melalui systematic literature riview (SLR) mengacu pada Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis (PRISMA) diperoleh 12 artikel sinta dari databased 200 artikel. Temuan dari SLR terdapat dua jenis artikel yang di implementasikan langsung ke siswa di sekolah dan hanya mengkaji etnomatematika dari berbagai motif batik, materi transformasi geometri yang diperoleh dari semua artikel
Unduhan
Referensi
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Atiyah, K., & Priatna, N. (2023). Analysis of the Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) Model to Improving the Mathematical Reasoning Ability Students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 157–167. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7746
Chrissanti, M. I. (2019). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 243–252. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.191
Clarice, L. (2018). Eksperimentasi Teknik Efek Dengan Cetakan Pada Fabrik Dalam Penghasilan Produk Tekstil. UNIMAS: Universiti Malaysia Sarawak.
Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6253
Devi Purwanti, Zaenuri, & Mohammad Asikin. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 113–120.
Hindun Permatasari, V., & Dwi Kurniasih, M. (2021). THE ANALYSIS OF MATHEMATICAL LITERACY ON PLANE GEOMETRY MATERIAL WITH BATIK BETAWI TUMPAL PATTERN. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 83–98. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol6no1.2021pp83-98
Ishartono, N., & Ningtyas, D. A. (2021). Exploring Mathematical Concepts in Batik Sidoluhur Solo. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(2), 151. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i2.20660
Iskandar, R. S. F., Karjanto, N., Kusumah, Y. S., & Ihsan, I. R. (2022). A systematic literature review on ethnomathematics in geometry.
Lestari, M., Rahayu, W., & Irawan, A. (2022). Trial And Validation Of Etnobatic Applications As A Media Mathematics Learning Based On Android. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 107–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i2.18378
Maryati, M., & Prahmana, R. C. I. (2021). Learning Trajectory of Dilation and Reflection in Transformation Geometry through the Motifs of Bamboo Woven. Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 134–147. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.21283
Noerhasmalina, N., & Khasanah, B. A. (2023). The geometric contents and the values of local batik in Indonesia. Jurnal Elemen, 9(1), 211–226. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6919
Permita, A. I., Nguyen, T.-T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Ethnomathematics on the Gringsing batik motifs in Javanese culture. Journal of Honai Math, 5(2), 95–108. https://doi.org/10.30862/jhm.v5i2.265
Pertiwi, M., Suhendra, S., & Juandi, D. (2022). Mathematical Literacy Ability of Junior High School Students in Terms of Self-Efficacy. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 171–180. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.6547
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). LEARNING GEOMETRY AND VALUES FROM PATTERNS: ETHNOMATHEMATICS ON THE BATIK PATTERNS OF YOGYAKARTA, INDONESIA. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Santri, D. D., Hartono, Y., & Somakim, S. (2018). Pemodelan Matematika Untuk Belajar Aljabar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 297–306. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2201
Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics study: cultural values and geometric concepts in the traditional “tanean-lanjang” house in Madura – Indonesia. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i1.15660
Sharma, T., & Orey, D. C. (2017). Meaningful Mathematics Through the Use of Cultural Artifacts (pp. 153–179). https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_7
Sudrajat, S., Winarto, A., & Wicaksono, B. (2023). Ethnomathematics of Kalimantan Batik in field Geometry learning in elementary school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(1), 26–32. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v6i1.172
Sunandar, M. A. (2017). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 95–105.
W. Wahyudin. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Wahyudi, H., Widodo, S. A., Setiana, D. S., & Irfan, M. (2021). Etnomathematics: Batik Activities In Tancep Batik. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 305. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1699
WARLI, D., & Musa, S. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DAN ETNOSAINS (ETNOMATHSAINS) PADA BATIK BOMBA. Koordinat Jurnal MIPA, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i1.37
Zulfah, Z., Astuti, A., Hermira, E., Elviana, M., Ernalira, P., & Malinda, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Busana Ninik Mamak di Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1). https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.136
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.