Desain Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11382Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan model discovery learning agar mampu membuat peserta didik memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode design research dengan tiga tahapan yaitu perancangan desain, penerapan desain, dan analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain LKPD dan tes sumatif, analisis data menggunakan retrospektif analisis dengan mendeskripsikan hasil dari instrumen penelitian yang telah dikerjakan peserta didik Perancangan desain dimulai dari menentukan tujuan dan kompetensi, memilih bahan ajar, membuat LKPD model discovery learning, konsultasi dengan dosen serta perbaikan rancangan. Penerapan desain dilakukan saat kegiatan pembelajaran. Analisis LKPD menunjukkan hal yang baik, peserta didik mampu mengikuti dan menyelesaikan proses pembelajaran menggunakan LKPD, pada tes sumatif peserta didik mampu menjawab soal yang diberikan dengan data dan langkah pengerjaan yang baik, ditambah hasil refleksi pembelajaran menunjukkan peserta didik senang dan mudah memahami konsep suatu materi menggunakan LKPD tersebut sehingga LKPD model discovery learning memiliki peran yang besar terhadap pemahaman konsep.
Unduhan
Referensi
Agustina, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal LEMMA, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3006
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587
Amanda, C., Sugiarti, & H. M. Lubis, P. (2022). Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X di SMAN 2 Babat Supat. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1). https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.970
Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042
Areq, A., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2019). Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4). https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3657
Bakker, A. (2018). Design Research in Education. Dalam Design Research in Education. https://doi.org/10.4324/9780203701010
Dedeng, E., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Sub Materi Penyelesaian SPLDV dan Penerapan SPLDV Menggunakan Three Tier-Test. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4639
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Fahdiani, D., Abudarin, A., & Fatah, A. H. (2022). Pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada konsep reaksi reduksi oksidasi di Kelas X SMAN 1 Marikit. Journal of Environment and Management, 3(2). https://doi.org/10.37304/jem.v3i2.5505
Haryani, F. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Materi Program Linear. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(3). https://doi.org/10.51878/vocational.v2i3.1438
Hayati, R., & Asmara, D. N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basiedu.v5i5.976
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2635
Karim, A. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(2). https://doi.org/10.30653/003.202392.61
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1). https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101
Karim, & Maulida, T. (2014). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.605
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4). https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3
Maharani, I., & Putri, J. H. (2023). Relevansi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1). https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179
Moko, V. T. H., Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Inovasi Kurikulum, 19(2). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44974
Nurfitriyanti, M., Rita Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.560
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302
Putri Khairani, B., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02). https://doi.org/10.21004/cendekia.v5i2.623
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Sari, E. F. P. (2018). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.291
Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2). https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146
Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning dan Kemampuan Penalaran Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4765
Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3). https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Sufa, F. F., & Widyahening, Ch. E. T. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3646
Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3). https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
Widiaputri, V. A., Mahardhika, Z. P., & Astiwara, E. M. (2023). Hubungan Tingkat Kemampuan Refleksi Pembelajaran dengan Performa Akademik Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(02). https://doi.org/10.36418/cerdika.v3i02.529
Yustiara, D., Kusumastuti, M. N., & Ramdhani, S. (2023). Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Keaktifan Belajar. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.2003
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.