Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Book Creator dengan Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11553Abstrak
Penelitian ini diarahkan untuk mengembangkan materi pembelajaran interaktif dengan dukungan aplikasi Book Creator. Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi sangat penting dalam proses
pembelajaran di sekolah agar kegiatan belajar menjadi lebih interaktif. Aplikasi Book Creator memungkinkan pembuatan buku digital
interaktif yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di kelas maupun secara mandiri oleh siswa. Metode penelitian pengembangan atau RnD dengan model 4D diterapkan ke dalam penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Validitas produk terkonfirmasi melalui penilaian ahli media, materi dan praktisi dengan skor persentase sebesar 85,5%, 85%, dan 92,3% yang menandakan tingkat validitas yang sangat tinggi. Kepraktisan dan keefektifan produk dibuktikan melalui uji coba pada siswa. Skor rata-rata 89% dari
siswa pada uji coba terbatas. Sementara itu, uji coba yang lebih luas menghasilkan rata-rata persentase 86,7%. Ini menandakan bahwa materi pembelajaran interaktif tersebut sangat praktis. Keefektifan
produk dilihat berdasarkan peningkatan jumlah siswa yang memenuhi nilai di atas KKM dengan presentase awal 40% menjadi 84%, menjadikan bahan ajar memenuhi kriteria efektif.
Unduhan
Referensi
Akker, van. den. J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In design approaches and tools in education and training (pp 1-14). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_1
Akmalia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan Book Creator pada Konsep Hukum Gravitasi Newton Terintegrasi Al-Qur’an di Ma Ittihad Al-Ummah Ussu Kabupaten Luwu Timur. Skripsi UIN Alauddin Makasar
Arifin, S., Efriani, A., & Putri, D. R. A. (2023). Pengembangan E-Modul Pengenalan Data Statistika Menggunakan Konteks Budaya Melayu Lelang Tembak. SJME (Supremum Juornal of Mathematics Education, 7(1), 107-122. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7749
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Special Issue, SEMNASDIKJAR 2019, 29-36
Asri, Y. N. et. al. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sukabumi: Haura Utama
Borba, M., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidi, G., Llinares, S., & Aguila, M. (2017). Digital technology in mathematics education: Research over the last decade. In G. Kaiser (Ed.), Proceedings of the 13th International congress on mathematical education. ICME-13 monographs (pp. 221–233). Springer.
Bray, A., & Tangney, B. (2017). Technology usage in mathematics education research: A systematic review of recent trends. Computers & Education, 114, 255–273. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.004
Da Silva, A. C., at. al. (2023). Book Creator: digital tool in teaching literary classics. Revista Universidade Federal de Goiás (UFG), Goiânia. DOI: 10.5216/REVUFG.V23.75994
Enawaty, E. (2023). Development of Basic Chemistry E-Module Based on Problem-Based Learning for Chemistry Education Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 568–573. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2677
Estuhono, E. Friska, S. Y. & Paradila I. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbantukan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ika, 13(2), 112-126
Fikrah, Z., & Sukma, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1183-1198
Hartatiana, H. & Wardani, A. K. (2024). Bagaimana Respon Siswa terhadap E-Modul Matematika dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan?. SJME (Supremum Juornal of Mathematics Education, 8(1), 73-86, https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10787
Ilyas, & Mursid. R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 142-155
Kaplar, M. et. al. (2021). The Influence of Interactive Learning Materials on Solving Tasks That Require Different Types of Mathematical Reasoning. International Journal of Science and Mathematics Education, 411–433. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10151-8
Karmila Putri, N. W., Candiasa, I M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 10(2), 25-35
Krull, G. & Duart, J.M. (2017). Research Trends in Mobile Learning in Higher Education: A Systematic Review of Articles (2011–2015). Int. Rev. Res. Open Distrib. Learn, 18, 1–23.
Kusumawati, D. dan Sutisna, A. (2021). Merdeka Belajar Dalam Konteks Kemandirian Belajar Siswa; Respon Terhadap Regulasi Baru Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Jurnal Lensa Pendas, 6(1), 11-17
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Mweene, P. & Muzaza, G. (2020). Implementation of Interactive Learning Media on Chemical Materials. Journal Educational Verkenning, 1(1), 008-013. https://hdpublication.com/index.php/jev
Palupi, D. A., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi Book Creator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78-90, https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123
Pausa, Z., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. e-JIPSD, 11(1), 51-64, http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1
Prastyana, V., Anggoro, S., Prisilawati, D.E., Nazirah, A., & Nelson, C. (2023). Development of Canva-Based Interactive E-Book and Book Creator using the Radec Learning Model to Support Creative Thinking Skills. DINAMIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 59-65, https://doi.org/10.30595/Dinamika/v15i
Suciati, dkk. (2018). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar Interaktif. Universitas Terbuka
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M., Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 05(03), 6994-7003
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Viberg, O., Grönlund, A., & Andersson, A. (2023). Integrating digital technology in mathematics education: a Swedish case study. Interactive Learning Environments, 31:1, 232-243, https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1770801
Xhemajli, A. (2016). The Role of The Teacher in Interactive Teaching. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 4(1), 31-38
Xue, Y., Liu, Y., Ji, C., Xue, G. (2020). Hydrodynamic parameter identification for ship manoeuvring mathematical models using a bayesian approach. Ocean Engineering, 195: 106612. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2019.106612
Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.