Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1292Abstrak
Tujuan penelitian ini adalahmenelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan metode Lesson study dibandingkan dengan Pembelajaran Langsung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttes only dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi di Karawang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan pemahaman matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan pemahaman matematik. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Lesson Study lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Langsung. Jadi dapat disimpulkan model Lesson Studydapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi.
Unduhan
Referensi
Cai, J., & Ding, M. (2015). On mathematical understanding: perspectives of experienced Chinese mathematics teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 18(5). doi: 10.1007/s10857-015-9325-8.
Lewis, C.C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-LedInstructional Change, Philadelphia, PA: Research for BetterSchools, Inc.
Minarni, A. (2017). On Eight Grade Students Understanding in Solving Mathematical Problems. Asian Social Science, 13(12), 86-96. doi: 10.5539/ass.v13n12p86.
Rohmah, M. S. (2013). Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Self-Awarenes Siswa SMP. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Inerson, P.W., and Yoshida, M. (2005). Building Our Understanding of Lesson Study. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.